Gorontalo (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Gorontalo menyiapkan Danau Limboto sebagai destinasi wisata pada tahun 2015 ini.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Senin, mengatakan danau tersebut sebelumnya memang menjadi salah satu obyek wisata, namun belum digarap dengan baik.

"Destinasi wisata Danau Limboto akan menggabungkan wisata darat dan air. Para pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan di danau dari berbagai sisi karena ada jalan baru yang bisa dilalui di sekelilingnya," jelas Idris.

Jalan yang melingkar di tepi danau merupakan bagian dari proyek Revitalisasi Danau Limboto, yang disertai dengan pembangunan pintu air.

Selain bisa memancing dan menikmati pemandangan danau, pengunjung juga bisa mengelilingi danau dengan perahu milik nelayan.

"Kami juga mengeruk danau serta menabur bibit ikan agar danau ini tetap menjadi mata pencaharian masyarakat sekitarnya seperti dulu. Tujuan revitalisasi ini untuk kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat," tambahnya

Sementara itu Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo, Sutrisno menjelaskan bahwa penebaran bibit ikan bertujuan untuk pengembangan dan pemulihan sumber daya ikan di Danau Limboto, sehingga stok ikan akan tetap terjaga.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian nelayan untuk melestarikan dan menjaga ketersediaan sumber daya ikan di dengan menggunakan peralatan yang ramah lingkungan.

"Kami menggelar lomba memancing untuk sosialisasi penggunaan alat ramah lingkungan, serta menggelar lomba dayung agar jumlah wisatawan meningkat," ujarnya.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015