Tips membuka toko online Jakarta (ANTARA News) - Membuka toko dalam jaringan internet, online, lebih murah daripada membuka toko secara fisik.

"Hanya sewa domain dan hosting, misalnya Rp 500.000 setahun. Kalau buka toko, sewa per bulan bisa satu juta," kata Direktur Utama toko makanan Kraukk.com Yudhi Dwinanto saat ditemui di acara ulang tahun elevenia, Selasa (10/3).

Ada baiknya selain membuka toko online mandiri, pemilik juga ikut berjualan di marketplace, pasar online, agar produk lebih dikenal.

"Kalau ikut marketplace, cakupan lebih luas," kata dia.

Bisnis makanan menurut Yudhi tingkat pemesanan kembali cukup tinggi bila konsumen merasa produk enak.

Ia menyarankan agar stok tidak dibiarkan kosong. Penjual harus membuat batasan berapa stok minimal yang harus tersedia.

Ia sendiri mematok minimal 20 buah tersedia per produk yang ia jual dan segera mengisi ulang bilang persediaan di bawah jumlah minimum.

"Jangan sampai kosong biar konsumen tidak menunggu," katanya.

Ia juga berusaha untuk memperbaiki kualitas produk dan kemasan.

Pengemasan untuk makanan, kata dia, tidak perlu terlihat menarik tetapi yang penting rapi, demi kepuasan konsumen saat makanan pesanan datang.

Untuk menjaga kepercayaan konsumen, penting bagi Yudhi untuk segera menanggapi keluhan konsumen dan memberi penyelesaian terbaik.

CFO elevenia Lila Nirmandari mengatakan sebaiknya menyediakan stok lebih banyak agar ketika pelanggan mencari barang tersebut tetap tersedia.

Harga jual di toko online pun menurut dia lebih murah karena tidak ada biaya sewa toko.

Untuk menjaga kenyamanan pelanggan, misalnya, elevenia menyediakan aplikasi untuk telepon genggam karena pengunjung situs lebih banyak dari perangkat tersebut.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015