Pekanbaru (ANTARA News) - Hujan yang mengguyur Kabupaten Bengkalis, Riau, dalam tiga hari terakhir telah memadamkan api pada ratusan hektar hutan yang terbakar.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur sejumlah titik api, seperti di Kecamatan Bukit Batu, Kecamatan Siak Kecil dan Pulau Rupat. Efeknya titik api berkurang dengan drastis," kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran BPBD Bengkalis, Suiswantoro, kepada Antara di Pekanbaru, Selasa.

Berdasarkan data BPBD, pada awal 2015 ini Bengkalis merupakan daerah dengan titik api terbanyak dengan luasan kebakaran hutan dan lahan mencapai sedikitnya 800 hektar yang menyebar di enam kecamatan. Bahkan, pemerintah daerah setempat telah menetapkan status "Siaga Darurat Kebakaran".

Sementara itu, kesulitan yang kerap dihadapi BPBD Bengkalis dalam upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan adalah akses menuju titik lokasi yang sulit dijangkau.

"Selain akses yang sulit dijangkau, kondisi panas terik yang terjadi dalam dua bulan terakhir turut menyulitkan upaya pemadaman," ujar Suiswantoro.

Akan tetapi, lanjutnya, dengan hujan yang terjadi dalam tiga hari terakhir dinilai mampu membasahi lahan gambut dan mengurangi titik api secara signifikan.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, walaupun titik api telah padam, BPBD Bengkalis tetap menyiagakan ratusan petugasnya untuk mewaspadai terjadinya kembali kebakaran hutan dan lahan.

Hujan yang terjadi di sebagian Provinsi Riau dalam beberapa hari terakhir tidak lepas dari peran Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang menaburkan garam sejak awal Maret 2015 lalu.

BPPT menyatakan operasi modifikasi cuaca menggunakan satu pesawat jenis Casa 212 milik BPPT memulai menebar garam untuk hujan buatan di Riau pada Senin lalu (2/3). Pesawat BPPT melakukan satu kali terbang untuk menebar garam dilangit Kabupaten Bengkalis, Siak, Pelalawan dan Kota Dumai.

Sebelumnya, Kepala Unit Pelaksana Teknis Hujan Buatan BPPT F Heru Widodo mengatakan, operasi modifikasi cuaca bertujuan untuk penanggulangan kebakaran lahan dan hutan mulai membuahkan hasil yang ditandai dengan turunnya hujan di Provinsi Riau.

"Berdasarkan laporan yang masuk ke Posko Siaga Darurat Kebakaran Riau, telah terjadi hujan deras kemarin di sebagai selatan Kabupaten Bengkalis," katanya.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015