Pak Gede kami nilai pantas mengemban jabatan ini. Pak Gede juga memiliki jiwa mengayomi, kebapakan dan juga dekat dengan anak-anak timnas."
Jakarta (ANTARA News) - CEO Persebaya Surabaya, Gede Widiade ditunjuk oleh PSSI sebagai manajer Timnas Indonesia yang akan turun pada kualifikasi Piala Asia U-22 serta SEA Games 2015 di Singapura.

Penunjukan pria asal Surabaya sebagai Manajer Timnas Garuda Muda itu didasarkan pada hasil rapat antara pihak PSSI dengan Badan Tim Nasional (BTN) di Kantor PSSI Senayan, Jakarta,

"Pak Gede kami nilai pantas mengemban jabatan ini. Pak Gede juga memiliki jiwa mengayomi, kebapakan dan juga dekat dengan anak-anak timnas," kata Sekjen PSSI Joko Driyono, usai pertemuan dengan BTN.

Dengan adanya manajer baru ini, kata dia, diharapkan mampu memberi motivasi bagi pemain yang saat ini mulai menjalani pemusatan latihan. Bahkan, Evan Dimas dan kawan-kawan juga baru saja menjalani pertandingan uji coba internasional.

"Secepatnya Pak Gede akan mendampingi tim. Yang jelas SK akan segera kami kirimkan. Pak Gede juga siap mengemban tugas ini," kata pria yang juga CEO PT Liga Indonesia selaku operator kompetisi Indonesia Super League (ISL) itu.

Sementara itu, Manajer Persebaya, Sulaiman Hary Ruswanto mengaku sangat mendukung penunjukkan Gede Widiade sebagai Manajer Timnas Indonesia. Apalagi dirinya sudah lama bekerja sama dengan pria yang juga seorang pengusaha itu.

"Tim Persebaya tidak masalah bila Pak Gede menjadi Manajer Timnas U-23. Malah bangga dengan ditunjuknya beliau oleh PSSI. Totalitas dan pengorbanan beliau untuk sepakbola nasional sudah terbukti," katanya.

Timnas Garuda Muda tahun ini akan turun dua kejuaraan bergengsi sekaligus. Pertama akan turun pada kualifikasi Piala Asia U-22 Grup H di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 27-31 Maret. Timnas akan berhadapan dengan Korea Selatan, Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Tiga bulan berselang, anak asuh Aji Santoso itu akan dihadapkan dengan SEA Games 2015, Juni nanti. Maraih medali emas jelas menjadi target. Apalagi dalam dua SEA Games terakhir, Timnas Garuda Muda hanya mampu menyumbang medali emas.

Demi menghadapi dua kejuaraan tersebut, pelatih Aji Santoso terus berusaha menyiapkan tim terbaik. Meski dalam uji coba internasional melawan tuan rumah Vietnam, Senin (9/3), timnas harus mengalami kekalahan 0-1.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015