Jakarta (ANTARA News) - Tim sepeda gunung asal Indonesia yakni Patrol Mountain FJC siap berlaga dalam kejuaraan dunia MTB National Championship di Bright, Victoria, Australia, pada 12-15 Maret 2015.

"Tim Patrol Mountain FJC mengirimkan atlet terbaiknya. Ini gebrakan yang sangat luar biasa," ujar Manajer Tim Patrol, Andre Palmer, di Jakarta, Selasa.

Atlet yang dikirim pada kejuaraan itu Popo Ario Sejati, pesepeda tercepat di Asia dan peraih medali emas cabang MTB Downhill pada XXV SEA Games di Laos pada 2009, serta Kazuki Shimizu, pesepeda yang berasal dari Jepang peraih peringkat kedua padaAsian Championship.

Pemilihan Kazuki Shimizu didasarkan pada prestasi serta jam terbang yang tinggi di ranah kejuaraan dunia, yang menjadikan Kazuki sebagai pilihan tepat rekan satu tim Popo.

"Mereka sering bertemu pada kompetisi "downhill". Sama-sama dari Asia sehingga memudahkan untuk saling mengasah diri. Jam terbangnya juga sama-sama tinggi," jelas Andre.

"Downhill" merupakan metode bersepeda dari ketinggian tertentu menurun ke bawah.

Direktur Utama Tim Patrol, Arifin Tedja, ajang itu untuk menguji produk dan ketangguhan sepeda Patrol 871 yang digunakan para atlet pun turut diuji pada kejuaraan tersebut. Hal itu untuk mengetahui seberapa besar penyesuaian yang perlu dilakukan untuk sepeda tersebut di kejuaraan selanjutnya.

"Kami tidak menargetkan bisnis dalam keikutsertaan tim Patrol. Kami lebih mengedepankan agar nama Indonesia lebih dikenalkan lagi di dunia internasional, khususnya di cabang olahraga sepeda ini."

Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI), Edmond Simorangkir, menyambut baik keikutsertaan tim Patrol ke ajang internasional itu.

(I025)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015