Jika kami dapat menang 2-0, itu akan bagus"
Paris (ANTARA News) - Penyerang tajam asal Belgia Romelu Lukaku akan memimpin lini depan Everton untuk menggempur Dynamo Kiev pada pertandingan pertama putaran 16 besar Liga Europa pada Kamis, setelah ia mencetak lima gol pada putaran sebelumnya.

Pada pertandingan-pertandingannya di putaran 16 besar, Wolfsburg akan menjamu Inter Milan, Napoli menyambut Dynamo Moscow, sedangkan Fiorentina menantikan AS Roma, di mana pertandingan-pertandingan kedua akan dimainkan pekan depan.

Lukaku (21) merupakan pencetak gol terbanyak yang masih tersisa di kompetisi ini dengan koleksi enam gol, berkat trigolnya pada pertandingan tandang dan dua gol di kandang sendiri saat Everton menang agregat 7-2 atas tim Swiss Young Boys pada putaran sebelumnya.

"Terkadang Anda perlu mengingat usia dia, pada usianya ia merupakan pencetak gol yang matang," ucap pelatihnya Roberto Martinez, yang timnya memenangi tiga dari empat pertandingan kandang di kancah Eropa namun terpuruk di peringkat ke-14 di klasemen Liga Utama Inggris.

Terakhir kali Everton melaju sejauh ini di Eropa adalah pada 2007/2008, ketika mereka kalah adu penalti dari Fiorentina, namun terdapat rasa lapar di kubu Eveton yang menargetkan final di Warsawa pada 27 Mei.

Pemain asal Belgia lainnya, pemain sayap berusia 27 tahun Kevin Mirallas, yang telah mencatatkan tiga gol dan satu assist di kompetisi ini, merasa bahwa para penggemar klub dapat membakar semangat mereka dengan mentalitas besarnya di Eropa.

"Pertandingan tandang akan sulit karena stadion dan atmosfer," kata Mirallas kepada situs resmi Everton FC. "Di Wolfsburg, Lille, Krasnodar, dan Bern, para penggemar datang dan itu bagus untuk tim," tutur Mirallas mengacu kepada dukungan para penggemar saat melawan tim-tim lain di Liga Europa.

Everton mendapat alokasi 1.500 tiket untuk pertandingan itu, yang masing-masing hanya seharga satu pound, bagi para penggemar yang cukup berani untuk melakukan perjalanan setelah menyaksikan para penggemar klub Prancis mendapat ancaman di Kiev ketika Guingamp kalah di sana pada putaran sebelumnya.

Sekitar 300 penggemar Dynamo Kiev memasuki lapangan dan mengancam sekitar 30 penggemar Guingamp yang melakukan perjalanan dari Brittany.

"Pertandingan pertama adalah di Goodison dan itulah yang paling penting," kata Mirallas.

"Jika kami dapat menang 2-0, itu akan bagus."

Everton merupakan wakil terakhir Liga Utama Inggris yang tersisa di turnamen ini setelah Liverpool takluk adu penalti dari Besiktas, dan Tottenham kalah dari Fiorentina di putaran terakhir.

Pelatih Dynamo Sergey Rebrov, yang pernah bermain bersama Andriy Shevchenko untuk klub itu, juga mencetak dua gol di markas Everton saat ia masih berkarir sebagai pemain Tottenham.

Dengan dua kemenangan tandang di Liga Europa, Dynamo dapat mengandalkan penyerang mereka Andriy Yarmolenko, yang sejauh ini telah mencatatkan tiga gol di kompetisi ini.

Tidak terkalahkan di kompetisi musim ini, Inter merupakan satu dari lima tim Italia yang masih bermain di putaran 16 besar, namun mereka menghadapi tantangan berat saat melawan Wolfsburg yang tidak kemasukan gol dari tiga pertandingan terakhirnya di Eropa dan menduduki peringkat kedua di Liga Jerman.

Inter telah memenangi kompetisi ini sebanyak tiga kali, yakni pada 1991, 1994, dan 1998.

Roma menang 2-0 atas Fiorentina saat bertindak sebagai tuan rumah di Liga Italia musim ini dan bermain imbang 1-1 saat menjadi tim tamu, sehingga pasukan Rudi Garcia akan merasa percaya diri setelah mereka juga memenangi pertandingan tandang terakhirnya di Eropa.

Juara bertahan Sevilla melawat ke markas Villarreal untuk mempertahankan harapan-harapan Spanyol. Sejauh ini tuan rumah telah mencetak 20 gol di Liga Europa.

Dynamo Moscow akan bermain di Napoli, dengan mengetahui bahwa rival mereka pada malam itu telah menjalani lima pertandingan beruntun tanpa kemasukan gol sama sekali.

Pelatih Napoli Rafael Benitez telah memenangi kompetisi ini sebanyak dua kali, bersama Valencia pada 2004 dan pada 2013 bersama Chelsea, klub Inggris terakhir yang memenangi trofi ini, demikian dilaporkan AFP.

Jadwal pertandingan Liga Europa:

Kamis:
Zenit vs Torino 17.00 GMT
Wolfsburg vs Inter Milan, Dnipro vs Ajax, Clubb Brugge vs Besiktas (semua dimainkan pukul 19.00 GMT)
Fiorentina vs Roma, Everton vs Dynamo Kiev, Villareal vs Sevilla, Napoli vs Dynamo Moscow (semua dimainkan pukul 20.05 GMT)

(H-RF)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015