Di PON Jabar hanya enam nomor yang dipertandingkan. Saya kira empat emas cukup realistis karena persaingan jauh lebih ketat dibandingkan PON Riau,"
Jakarta (ANTARA News) - Pengprov Persatuan Golf Indonesia (PGI) DKI Jakarta hanya mengincar empat emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat (Jabar) meski pada kejuaraan yang sama sebelumnya mampu menyapu bersih medali yang diperebutkan.

"Di PON Jabar hanya enam nomor yang dipertandingkan. Saya kira empat emas cukup realistis karena persaingan jauh lebih ketat dibandingkan PON Riau," kata Ketua Pengprov PGI DKI Jakarta, Ferrial Sofyan di sela Rakerda di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, demi meraih target ini pihaknya sudah jauh-jauh hari mempersiapkan atlet-atletnya meski tidak semua bisa kumpul di Jakarta. Bahkan, khusus untuk puslatda sendiri sudah dilakukan sejak 2013.

Selain melakukan persiapan di Tanah Air, kata dia, atlet DKI Jakarta yang akan bersaing pada PON Jabar juga akan dikirim ke Australia guna menambah jam terbang dan memaksimalkan kemampuan atlet.

"Meski persaingan berat, kami sangat serius untuk mempersiapkan atlet. Tinggal dananya saja. Yang jelas kita sangat intensif memantau perkembangan atlet," katanya menambahkan.

Selain meningkatkan frekuensi latihan, kata dia, pihaknya juga menggenjot atlet yang dipersiapkan oleh kejuaraan empat tahunan itu dengan memperbanyak mengikuti kejuaraan. Minimal setiap lima pekan akan diturunkan.

Ferrial menegaskan, atlet putri diprediksi akan lebih dominan dalam perolehan medali dibanding dengan tim putra. Untuk putri, DKI Jakarta akan menurunkan atlet andalan diantaranya Juriah, Tatiana Wijaya, Rivani Sihotang serta Lidya Yesica.

Untuk putra, kemungkinan besar akan menurunkan Fadli Rachman, Rifqi Alam, Cahyo Adhitomo, Dicky Prionggo serta Elky Ko dan Clement Aryo.

Sementara itu Plt Ketua KONI DKI Jakarta Eddy Widodo mengatakan cabang golf merupakan salah satu cabang andalan untuk meraih medali emas. Pihaknya berharap, golf mampu merealisasikan target meski calon lawan juga tidak boleh dianggap remeh.

"Saingan memang akan dari Banten, Jabar, Jatim maupun Sumsel. Tapi mereka semua harus maksimal. Tidak hanya berlalu di golf, kami berharap semua cabang bisa maksimal," katanya.

Pada PON 2012 di Riau, DKI Jakarta mampu menjadi juara umum dan golf mampu menyapu bersih tujuh nomor yang dipertandingkan. Selain golf, lumbung emas DKI Jakarta diantaranya adalah senam, terbang layang serta bliyard.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015