Tujuannya, kami mendukung pembinaan pemain tunggal menyusul prestasi tunggal putra dan putri Indonesia yang meredup."
Jakarta (ANTARA News) - Produsen perlengkapan bulu tangkis Flypower menggelar kejuaraan terbuka khusus nomor perorangan untuk mendukung pembinaan atlet-atlet tunggal putra dan tunggal putri nasional.

"Tujuannya, kami mendukung pembinaan pemain tunggal menyusul prestasi tunggal putra dan putri Indonesia yang meredup. Contohnya, sudah 21 tahun tidak terdapat juara Indonesia pada nomor tunggal dalam All England," kata Direktur Turnamen Flypower Single Badminton Open Championship 2015 Haryanto Arbi di Jakarta, Kamis.

Turnamen berhadiah total Rp226 juta itu akan diselenggarakan pada 7-12 April 2015 di lapangan Tennis Indoor Senayan.

Arbi mengatakan kejuaraan terbuka pertama khusus nomor tunggal itu tidak hanya ditujukan pada kategori usia dini hingga dewasa, tapi juga nomor ganda bagi peserta veteran hingga usia 90 tahun.

"Kebetulan tahun ini akan ada turnamen dunia untuk para veteran di Stockholm Swedia sehingga kejuaraan kami dapat menjadi ajang pemanasan bagi mereka," kata CEO Flypower itu.

Peraih gelar nomor tunggal putra All England 1993 dan All England 1994 itu mengatakan para peserta bukan hanya pebulu tangkis dari klub ataupun pebulu tangkis umum melainkan juga peserta asal luar negeri.

"Peserta dari Malaysia dan Jepang sudah konfirmasi akan hadir karena mereka mengincar pertandingan untuk peserta usia dini. Di negara mereka, pertandingan untuk usia dini dan remaja tidak banyak," kata Arbi.

Arbi mengaku belum berencana menyelenggarakan kejuaraan khusus nomor tunggal di luar Jakarta karena baru pertama kali menyelenggarakan kejuaraan bulu tangkis.

Hasil pertandingan Flypower Single Badminton Open Championship 2015 juga akan tercatat sebagai ranking poin nasional dan masuk dalam kalendar kejuaraan resmi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Panitia kejuaraan bulu tangkis perorangan Flypower mematok biaya pendaftaran Rp100 ribu untuk peserta berusia di bawah 11 tahun dan di bawah 13 tahun, biaya Rp150 ribu untuk peserta berusia di bawah 15 tahun dan di bawah 17 tahun, biaya Rp200 ribu untuk peserta berusia di bawah 19 tahun hingga peserta veteran.

Panitia membuka pendaftaran di Kantor PBSI DKI Jakarta GOR Bulutangkis Asia Afrika serta di situs www.flypower-arbi.com.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015