Melbourne (ANTARA News) - Tim Formula Satu Sauber absen pada latihan pembuka untuk Grand Prix Australia, Jumat, karena menyalahi aturan line-up pebalapnya di lapangan Melbourne.

Kendaraan-kendaraan tim Swiss ini tetap berada di garasi selama 90 menit sesi latihan pembuka di Albert Park, ketika sidang dengar pendapat gugatan hukum diperdengarkan.

Kamis kemarin Sauber kalah dalam banding yang memerintahkannya menghormati kesepakatan dengan Giedo van der Garde untuk membolehkan pebalap ini tampil di Melbourne.

Namun tim yang sedang terperangkap masalah finansial itu juga mengontrak dua pebalap yang bersponsor kuat Marcus Ericsson dan Felipe Nasr, yang membuat posisi tim ini pada pembuka musim dalam keadaan membahayakan.

Ericsson dan Nasr sama-sama terdaftar dalam papan pebalap Sauber, Jumat, namun van der Garde juga terlihat berada di trek.

Pengacara Van der Garde memperkarakan Sauber ke pengadilan demi memastikan Sauber memenuhi kesepakatan sebelumnya.

Tim ini diperintahkan untuk menyerahkan daftar assetnya hari ini dalam dengar pendapat yang ditunda sampai pukul 15.15 waktu Autralia.

Van der Garde mengklaim Sauber menyempal dari kesepakatan yang akan membuatnya membalap untuk tim tersebut pada musim ini ketika mereka malah memilih Nasr dan Ericsson.

Dia memenangi gugatan pada satu mahkamah arbitrase Swiss dan pada Rabu putusan ini dikuatkan oleh Hakim Clyde Croft sehingga dia sah mengikuti GP Australia.

Pengacara Van der Garde, Jim Peters, menyatakan Sauber tak berupaya sedikit pun untuk mengembalikan kliennya itu dan telah berusaha mengemudikan kendaraan tim itu demi memastikan mereka mematuhi keputusan pengadilan.

Van der Garde (29) adalah pebalap cadangan untuk Sauber tahun lalu dan bersaing untuk Caterham pada 2013.

Dia telah mengungkapkan niat tampil untuk Sauber  yang melewati musim yang buruk pada 2014 dengan gagal mendapatkan satu pun poin pada 19 balapan.

Mereka telah meningkatkan kecepatan dan keandalan selama latihan pramusim di mana Nasr mencatat waktu tercepat pada hari kedua dari latihan pertama di Jerez, demikian AFP.





Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015