Surabaya (ANTARA News) - Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Soekarwo menyatakan Kongres III partai yang semula akan berlangsung April, dimundurkan menjadi Mei 2015.

"Iya, kongresnya mundur Mei. Terkait tanggalnya, kami belum pastikan karena menunggu pembahasan internal lebih lanjut," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Jumat.

Gubernur Jawa Timur ini enggan menjelaskan alasan pemunduran kongres. "Ya pokoknya diundur Mei, itu saja," kata dia.

Yang jelas, lokasi kongres tak berubah dengan tetap di Surabaya.

"Kalau lokasi tetap 90 persen di Surabaya dan persiapannya sudah 99 persen," kata Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur ini.

DPP Partai Demokrat menyatakan keamanan di Surabaya menjadi faktor utama ditunjuknya kota ini sebagai tuan rumah Kongres III.

"Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono kagum dengan keamanan dan kenyamanan di Jawa Timur, terlebih pembangunan di segala bidang berjalan cepat serta berkelanjutan," kata dia.

Hampir semua dewan pimpinan daerah se-Indonesia, termasuk Jawa Timur, dikabarkan mendukung kembali SBY sebagai orang nomor satu di partai itu.

Ketua DPD Bidang OKK Partai Demokrat Jawa Timur Hartoyo mengakui 38 DPC bulat mendukung SBY dan bertekad memenangkannya secara aklamasi.



Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015