Jakarta (ANTARA News) - Sesaat setelah Apple Watch diluncurkan oleh Apple Inc,. produk imitasinya langsung dijual di Selatan Kota Shenzhen Tiongkok, pusat pabrik barang-barang tiruan. Demikian menurut kantor berita Xinhua pada Jumat (13/3).

Di mall Huaqiangbei, jam pintar dengan merk U Watch atau D Watch bermunculan dengan tampilan dan fungsi yang mirip dengan Apple Watch yang dijual sekitar 200 yuan atau setara dengan 32,5 dolar Amerika Serikat (Rp427.602). Sepersepuluh lebih murah dari harga Apple Watch yang paling murah.

Tak ada logo Apple terlihat pada produk. Versi Tiongkok meniru versi Amerika, namun lebih kasar dalam pengerjaan tangannya.

Versi Tiongkok bisa menerima telepon, SMS dan memiliki pemutar musik. Namun, fitur seperti aplikasi Wechat dan QQ tak ada.

Beberapa penjual mengatakan produk itu lebih mirip Apple dalam hal penampilan dari pada kinerjanya.

Produk seperti itu telah dijual secara online sejak Januari.

Beberapa penjual di Huaqiangbei mengatakan versi yang jauh lebih ramah iOS sedang diproduksi. Produk baru itu akan masuk pasaran bulan April dan dijual sekitar 400 Yuan.

Huaqiangbei telah terkenal sebagai pasar gelap menjual elektronik tiruan. Di tahun-tahun terakhir ini, Huaqiangbei telah berkurang sebagai "Shanzai", sarang tiruan, dan menjadi surga bagi para inovator, sebagai hasil dari meningkatkan kesadaran perlindungan kekayaan intelektual di Tiongkok dan meningkatnya minat dalam inovasi.

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015