Ternate (ANTARA News) - Provinsi Maluku Utara (Malut) belum siap menggelar Ujian Nasional (UN) berbasis komputer (online) pada tahun ini, karena infrastruktur pendukungnya seperti komputer dan jaringan internet di setiap sekolah belum memadai.

Ketua Panitia UN Malut Abdul Ajid Tuhuteru mengatakan di Ternate, Sabtu, sesuai surat dari Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah sebenarnya di Malut ada dua sekolah yang tahun ini menggelar UN berbasis komputer, yakni SMA Negeri 1 Ternate dan SMA Negeri 4 Ternate.

Tetapi di kedua sekolah tersebut belum memiliki komputer yang memadai, begitu pula jaringan internet yang masih terbatas sehingga pelaksanaan UN berbasis komputer dibatalkan dan diganti dengan UN manual sama seperti sekolah lainnya di Malut.

Ia mengatakan, pihaknya belum menerima petunjuk pelaksanaan UN dari Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah, namun pihaknya sudah mengangendakan sosialisasi pelaksanaan UN di daerah ini pada pekan depan dan diharapkan saat itu sudah ada petunjuk pelaksanaannya dari pusat.

Sesuai jadwal UN akan digelar pada 13--15 April 2015 dan sesuai data yang ada peserta UN SD, SMP dan SMA di 10 kabupaten/kota di Malut 45.176 siswa, namun belum bisa diketahui apakah dalam pelaksanaan UN nanti peserta UN di Malut sesuai jumlah itu.

Menyinggung pencetakan soal UN untuk Malut, ia mengatakan, sesuai penyampaian dari Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah akan dicetak di Makassar, sedangkan untuk pengawas dalam pelaksanaan UN nanti akan melibatkan pengawas dari sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di daerah ini.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kota Ternate Mochdar Din mengatakan, seluruh sekolah di daerah ini telah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi UN, di antaranya dengan melaksanakan pelajaran tambahan kepada siswa yang akan mengikuti UN.



Pewarta: La Ode Aminuddin
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015