Jakarta (ANTARA News) - Politisi PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengaku memiliki banyak kenangan mendalam bersama almarhum politisi Partai Gerindra Haryanto Taslam yang tutup usia Sabtu malam lalu di Jakarta.

"Almarhum Haryanto Taslam bagi saya seorang sahabat yang baik," kata Tjahjo kepada Antara di Jakarta, Minggu.

Bagi Tjahjo, kawan seperjuangan yang sempat tergabung di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu dikenal sebagai aktivis pergerakan.

"Beliau sering berkomunikasi dengan saya baik melalui telepon maupun SMS, baik saat beliau masih di Fraksi PDI Perjuangan bersama saya, maupun ketika sudah pindah ke Partai Gerindra."

"Pak Haryanto selalu berdiskusi dengan saya dan mengingatkan saya terhadap gelagat perkembangan dinamika politik nasional," terang Tjahjo yang sempat menjenguknya di RS Medistra, Jakarta selama 65 menit terakhir hidup Haryanto.

"Selamat jalan mas Haryanto Taslam," kata Tjahjo.

Politisi sekaligus juru bicara Partai PDIP Eva Kusuma Sundari menyebut Haryanto tokoh reformasi yang ikut berjuang pada masa-masa sulit dalam awal terbentuknya PDIP.

Menurut Eva, di masa Orde Baru, Haryanto tercatat ikut menggerakkan pro-Mega untuk menjatuhkan Soeharto bersama elemen prodemokrasi lainnya.

"Dia menjadi salah satu model politisi PDI Perjuangan yang idealis. Bahkan dia bersama Budiman Sujatmiko ikut terima risiko dengan diculik oleh Tim Mawar. Dia senior yang teguh pendirian, idealis dan konsekuen dengan pilihan sikapnya," nilai Eva.

Eva mengatakan PDIP mendoakan dan mengenang almarhum Haryanto tanpa kontroversi yang dipandang sebagai tipe kader nasionalis yang tidak pernah membuka aib atasan.

"Ia tipe kader nasionalis yang mendem njero (tidak membuka aib) ke atasan. Tetapi sedikit misteri dari beliau yaitu seputar penculikannya yang dia tidak pernah ungkap tuntas," terang Eva.

Politisi senior Partai Gerindra Haryanto Taslam meninggal dunia Sabtu malam lalu di Rumah Sakit Medistra, Jakarta Selatan.

Kabar meninggal dunia itu dipastikan oleh anak pertama Haryanto, Barep Taslam.

Haryanto meninggal setelah sempat dirawat satu hari di Medistra, Sabtu malam lalu.

Kondisi tubuh Haryanto sebelumnya dikabarkan sempat menurun sehingga  dilarikan ke RS Medistra Jumat sore (13/3) setelah tersedak makanan cair.




Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015