Palm Harbor (ANTARA News) - Jordan Spieth mencetak pukulan birdie putt secara dramatis dari jarak 28 kaki ke lubang pada pertarungan lubang playoff ketiga untuk memastikan kemenangannya di turnamen berhadiah total 5,9 juta dolar AS Valspar Championship. Ia meraih gelar kedua Tur PGA AS.

Pegolf muda berusia 21 tahun asal AS itu mencetak birdie penentu kemenangan di permainan lubang ke-17 par tiga di Innisbroook resort Copperhead dan mengalahkan pesaingnya yang juga pegolf rekan senegaranya Patrick Reed dan Sean OHair dan dia berhak atas hadiah utama 1,062 juta dolar AS.

"Saya senang ini hari saya," kata Spieth.

Spieth yang berada di posisi ties kedua pada turnamen Master tahun lalu, posisi peringkat dunia akan naik dan akan berada di kelompok para pegolf favorit di turnamen Master bulan depan.

Pegolf nomor satu dunia Rory McLlroy akan mencoba melengkapi karir grand slam dia dengan memenangi jaket hijau untuk ketiga kalinya berturut-turut dengan menjuarai turnamen utama itu.

Hasil ini merupakan kemenangan ketiga dalam lima bulan bagi Spieth yang untuk tahun-tahun sebelumnya dia hanya memenangi Tur PGA AS juga dalam playoff di John Deere Classic pada 2013. Spieth meraih gelar Australia Terbuka pada November dan di Hero World Challenge pada Desember lalu.

Hingga permainan putaran terakhir atau keempat, Minggu waktu setempat, Reed, spieth dan OHair sama-sama mengakhiri 72 lubang permainan dengan sama-sama membukukan total 274 pukulan atau 10 di bawah par,sehingga ketiganya harus melakukan playoff.

Ketiga pegolf itu memiliki keunggulan satu pukulan atas pegolf nomor tiga dunia asal Swedia Henrik stenson, dan pegolf AS Ryan Moore.

Permainan playoff dimulai dari lubang ke-18 par empat, Spieth gagal mencetak birdie putt dari jarak 10 kaki, namun Reed juga hanya mampu mencetak par, sehingga playoff terus berlanjut.

"Saya melakukan pukulan putt dengan kecepatan sempurna hanya untuk melanjutkan playoff," kata Reed.

"Ini menjadi masalah waktu sebelum seseorang mampu mencetak birdie dan saya melakukan tiga pukulan di green dalam playoff," katanya.

Pada playoff kedua, di lubang ke-16 par empat, pukulan bola reed masuk ke bunker namun dia mampu mencetak par, dan Spieth juga hanya mampu par setelah pukulan birdie dia dari jarak 12 kaki gagal, begitu juga pukuklan birdie OHair dari jarak 10 kaki juga gagal.

Playoff berlanjut di lubang ke-17, Reed terkena bunker, Ohair gagal birdie, dan Spieth memastikan kemenangannya setelah sukses mencetak birdie.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015