Lausanne, Swiss (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry dan mitranya dari Iran, Menlu Mohammad Javad Zarif, pada Senin meneruskan perundingan nuklir di kota Lausanne, Swiss, guna mempersempit kesenjangan sebelum tenggat 31 Maret bagi tercapainya kesepakatan politik.

Pertemuan itu mengikutsertakan Menteri Energi Amerika Serikat Ernest Moniz dan kepala nuklir Iran Ali Akbar Salehi, yang pada Minggu juga melakukan pertemuan untuk merundingkan rincian teknis soal bagaimana mengendalikan program nuklir Iran.

Kerry telah mendesak Iran untuk bersikap lunak yang memungkinkan enam kekuatan dunia dapat mencapai kesepakatan kerangka politik bagi perjanjian nuklir dengan Teheran. Perjanjian itu diharapkan akan mencabut sanksi-sanksi sebagai imbalan atas pengendalian program nuklir oleh Teheran.

Pihak-pihak terkait telah menentukan 30 Juni sebagai tenggat waktu untuk menyelesaikan perjanjian. Iran dan negara-negara utama akan bertemu pekan ini di Lausanne namun tanggal pertemuan belum diumumkan, demikian laporan Reuters.

(Uu.T008)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015