Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengharapkan dengan adanya Authorized Economic Operator (AEO) atau Operator Ekonomi Besertifikat dapat mendorong ekspor lebih banyak lagi.

"Saya mengapresiasi inisiatif bea cukai yang bekerjasama dengan WCO (World Customs Organization) untuk mendorong adalah perusahaan-perusahaan yang melakukan ekspor," kata Bambang di Direktorat Jenderal Bea Cukai di Jakarta, Selasa.

Ia berharap AEO ini dapat menggerakkan ekspor, karena dengan sertifikat AEO ini dapat mempermudah para eksportir mengrimkan barangnya ke negara tujuan.

Apalagi, kata dia, kalau Indonesia sudah melakukan perjanjian kepada negara mitra dagang kita, akan membuat daya saing dan daya tarik dari komoditi ekspor meningkat.

Dia menyambut baik bahwa lima perusahaan yang mendapat sertifikat AEO bergerak di manufaktur.

"Dari lima perusaahan yang ikut, empat bergerak di manufaktur seperti otomotif, barang-barang kebutuhan, maupun elektronik, dan satu lagi perusahaa manufaktur berbasis sumber daya alam," kata dia

Lima perusahaan yang diberikan sertifikat AEO yaitu PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT. Unilever Indonesia, PT. Nestle Indonesia, PT. LG Electronic Indonesia, PT. Indah Kiat Pulp dan Paper.

"Tentunya kami akan untuk terus mendorong agar kemudahan ekspor, seperti insentif pajak untuk ekspor dan fasilitas AEO," kata dia.

AEO adalah operator ekonomi yang mendapatkan pengakuan oleh Direktorat Jenderal Bea Cukai sehingga perusahaan yang telah mendapatkan sertifikat AEO mendapatkan perlakuan kepabeanan tertentu.

AEO terdiri atas importir, eksportir, pengusaha pengurus jasa kepabeanan (PPJK), pengangkut, pengusaha Tempat Penimbunan Sementara (TPS), pengusaha Tempat Penimbunan Berikat (TPB) dan pihak lainnya yang terkait dengan pergerakan barang dalam fungsi rantai pasokan global.

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015