...jika kuota per tahun yang diterima Rejanglebong hanya 184 orang dan tidak bertambah maka daftar tunggu tersebut baru habis pada 2027
Rejanglebong (ANTARA News) - Kementerian Agama Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, mencatat warga yang sudah mendaftar haji saat ini mencapai 2.597 orang dengan daftar tunggu hingga 2027.

"Hingga saat ini, warga Kabupaten Rejanglebong yang sudah mendaftarkan diri untuk menunaikan ibadah haji sebanyak 2.597 orang, jika kuota per tahun yang diterima Rejanglebong hanya 184 orang dan tidak bertambah maka daftar tunggu tersebut baru habis pada 2027," kata Kepala Kemenag Rejanglebong CH M Naseh di Rejanglebong, Selasa.

Tingginya animo masyarakat daerah itu untuk menunaikan ibadah haji, kata dia, merupakan hal yang positif dan menandakan kesadaran umat Islam dalam menunaikan ibadah haji sudah tinggi serta adanya peningkatan ekonomi masyarakat.

Masyarakat yang sudah mendaftarkan diri untuk menunaikan rukun Islam kelima itu, kata dia, berasal dari 15 kecamatan di Rejanglebong dengan latar belakang profesi kebanyakan sebagai pedagang, selebihnya berprofesi sebagai petani, PNS, anggota dewan, TNI/Polri serta profesi lainnya.

Pada musim haji 2015, kuota haji di Rejanglebong sebanyak 184 orang, sama dengan tahun sebelumnya.

Jumlah ini mengalami penurunan sejak dua tahun belakangan menyusul adanya pengurangan kuota jemaah haji yang diberlakukan pemerintah kerajaan Arab Saudi karena adanya renovasi Masjidil Haram.

Untuk mengantisipasi terjadinya eksodus jemaah haji dari daerah lainnya, tambah dia, Kemenag Rejanglebong saat ini mewajibkan kepada calon haji memenuhi persyaratan administrasi di antaranya KTP, KK dan surat rekomendasi domisili yang diterbitkan bagian Kesra Pemkab Rejanglebong.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015