Medan (ANTARA News) - Komisi III DPR diperkirakan akan melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Kapolri Komjen Pol Badrodin Haiti pada awal April 2015.

Usai mengikuti Konferensi Daerah PDI Perjuangan Sumut di Medan, Selasa, anggota Komisi III DPR RI Trimedya Panjaitan mengatakan, DPR RI baru memasuki masa sidang mulai 23 Maret setelah menyelesaikan reses ke berbagai daerah.

Pihaknya akan mengusulkan agenda uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap calon Kapolri Komjen Pol Badrodin Haiti ke Badan Musyawarah DPR RI.

"Jadi, kemungkinan uji kelayakan dan kepatutannya akan dilaksanakan pada awal April," katanya.

Politisi PDI Perjuangan tersebut belum mengetahui kemungkinan hasil uji kelayakan dan kepatutan terhadai perwira tinggi yang masih menjabat Wakapolri itu.

"Kalau menerima atau dengan catatan, kita akan menetapkan Badrodin Haiti sebagai Kapolri," katanya.

Menurut dia, pihaknya belum mengetahui secara pasti dukungan fraksi di DPR RI terhadap Komjen Pol Badrodin Haiti karena perpolitikan nasional selalu dinamis.

Namun pihaknya mengetahui jika alumni Akademi Kepolisian tahun 1982 tersebut telah melakukan komunikasi dengan fraksi-fraksi DPR RI lainnya.

Meski demikian, pihaknya mengharapkan Badrodin Haiti mampu memperkuat konsolidasi internal Polri dan mempercepat penyelesaian masalah yang muncul dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Badrodin Haiti juga diharapkan dapat membangun sinerji antarpenegak hukum bisa berjalan dengan baik," ujar Trimedya.

Menurut catatan, calon Kapolri Komjen Pol Badrodin Haiti pernah menjabat Kapoltabes Medan dan memimpin empat polda yakni di Banten, Sulawesi Tengah, Sumatera Utara, dan Jawa Timur.

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015