Chicago (ANTARA News) - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun pada Selasa (Rabu pagi WIB), ketika Federal Reserve AS memulai pertemuan bulanan Komite Pasar Terbuka mereka.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April jatuh lima dolar AS atau 0,43 persen, menjadi menetap di 1.148,20 dolar AS per ounce.

Emas berada di bawah tekanan karena bank sentral AS, Federal Reserve, memulai pertemuan dua hari bulanan mereka pada Selasa. Beberapa analis percaya bahwa setelah data ekonomi positif, Fed akan menghapus kata "bersabar" dari deskripsi mereka ketika mereka akan mempertimbangkan menaikkan suku bunganya.

Kenaikan suku bunga menurunkan permintaan emas karena logam mulia tidak mengenakan suku bunga. Analis percaya bahwa penghapusan kata "bersabar" akan membuka kenaikan suku bunga secepatnya pada Juni.

Emas mendapat dukungan ketika laporan dari Sensus AS menunjukkan "housing starts", indikator ekonomi yang menghitung jumlah rumah baru yang dibangun dalam per bulannya, turun tajam pada Februari. Sebagian besar data survei ini didapat dari aplikasi dan izin yang diajukan untuk membangun rumah.

Laporan ini lebih buruk dari perkiraan karena data "housing starts" turun 17,0 persen pada Februari, setelah tidak ada perubahan pada Januari. Analis mengatakan ini adalah tingkat terendah sejak Januari 2014.

Perak untuk pengiriman Mei turun 3,9 sen, atau 0,25 persen, menjadi ditutup pada 15,578 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman April turun 14,2 dolar AS, atau 1,28 persen, menjadi ditutup pada 1.093,70 dolar AS per ounce, demikian Xinhua melaporkan.

(A026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015