Jakarta (ANTARA News) - Google baru saja mengumumkan akan memperkenalkan sistem untuk memberikan peringkat dan ulasan (rating dan review system) pada aplikasi mereka untuk meningkatkan kualitas aplikasi di Play Store.

Menurut Phone Arena, dengan sistem ini pengembang aplikasi akan dapat mengetahui apakah aplikasinya disetujui atau ditolak hanya "dalam hitungan jam".

Aplikasi para pengembang sendiri akan diteliti lebih awal untuk standar kebijakan dan pelanggaran.

Sistem peringkat tersebut akan bekerja secara otomatis, namun ulasan lebih dalam juga dapat diberikan dengan mengisi semacam kuesioner, misalnya untuk menentukan apakah suatu aplikasi cocok untuk anak-anak atau orang dewasa.

Google mengatakan sistem rating baru Google Play tersebut akan melibatkan penilaian resmi dari International Age Rating Coalition (IARC) dan organisasi-organisasi lain seperti Entertainment Software Rating Board (ESRB), Pan-European Game Information (PEGI), Australian Classification Board, Unterhaltungssoftware Selbstkontrolle (USK) dan Classificação Indicativa (ClassInd).

Untuk wilayah yang tidak tercakup oleh organisasi-organisasi tersebut, Google mengatakan akan menampilkan sistem rating dasar yang prosesnya cepat, otomatis dan gratis untuk para pengembang.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015