Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengajak para pria ikut program Keluarga Berencana (KB).

"Jangan hanya ibu-ibu, bapak-bapak juga bisa ikut KB," katanya usai pencanangan program KB Perkotaan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Rabu.

Dia menjelaskan para pria bisa menjalankan prosedur vasektomi, metode kontrasepsi jangka panjang yang dinilai efektif.

Ia mengatakan Pemerintah Provinsi DKI akan terus berperan aktif menyosialisasikan program KB di wilayah perkotaan yang padat dan juga kumuh.

"Kami terus melakukan sistem pelayanan jemput bola," katanya.

BKKBN mencanangkan program KB Perkotaan untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan KB dengan mendorong pasangan usia subur menggunakan metode kontrasepsi jangka panjang.

Pelaksana Tugas Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Sanjoyo mengatakan program KB Perkotaan akan menyasar kawasan padat penduduk di DKI Jakarta, termasuk juga wilayah perbatasan antara DKI Jakarta dengan kota lainnya.

"Contohnya pelayanan KB di Kecamatan Cakung ini merupakan pelayanan di wilayah perbatasan antara Provinsi DKI Jakarta dengan Bekasi Jawa Barat," katanya.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015