Karo (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyantap nasi bungkus bersama warga pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung di areal relokasi di Desa Siosar, Kecamatan, Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu.

"Nasi ini dari beras raskin loh," kata Khofifah seraya menunjukkan nasi bungkusnya yang berlauk telur dadar plus sayur.

Ibu-ibu pengungsi yang turut makan nasi bungkus bersama Mensos tiba-tiba nyeletuk, "Harus habis loh Bu Menteri".

Menteri Khofifah tersenyum menanggapi celetukan itu. Nasi bungkus di tangannya pun akhirnya tandas.

Tidak jauh dari tempat Mensos duduk, Kasdam I/Bukit Barisan Brigjen TNI Cucu Sumantri dan Bupatu Karo Terkelin Brahmana pun menyelesaikan nasi bungkusnya.

Sebenarnya untuk Mensos dan pejabat yang lain sudah disediakan piring, namun mereka memilih nasi bungkus yang juga dibagikan kepada para pengungsi.

Mensos datang ke areal relokasi untuk menemui dan memberikan bantuan kepada 50 KK pengungsi asal Desa Bakerah, sekitar 3 Km dari Gunung Sinabung, sekaligus meninjau hunian tetap yang dibangun TNI di Siosar.

"Saya bahagia ibu-ibu bisa tersenyum. Semoga Siosar ini memenuhi harapan bapak-bapak dan ibu-ibu," kata Mensos kepada pengungsi.

Mensos mengatakan, pemerintah melalui Kementerian LHK akan memberikan bantuan lahan untuk ladang bagi para pengungsi yang nantinya menempati areal relokasi Siosar.

Sementara itu Kasdam I/Bukit Barisan Brigjen TNI Cucu Sumantri menegaskan pihaknya siap menyelesaikan pembangunan 370 hunian bagi pengungsi empat bulan mendatang jika anggarannya sudah siap.

"Empat bulan ke depan sudah akan jarang hujan. Jadi, bisa lebih cepat selesai," katanya.

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015