Ini rapat soal polhukam, akan membahas hal-hal yang terkait isu polhukam yang sedang berkembang saat ini
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla memimpin rapat terbatas di bidang politik, hukum, dan keamanan di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu, saat Presiden Jokowi masih sedang menjalankan agenda acara yang lain.

"Karena Pak Presiden sedang ada acara, maka segera saja rapat kita mulai," kata Jusuf Kalla saat mulai membuka rapat.

Situasi itu menjadi bersejarah karena untuk pertama kalinya sejak dilantik Presiden Joko Widodo tidak hadir dalam rapat bersama para menteri di Kantor Presiden.

Berdasarkan agenda kegiatan kepresidenan, Presiden Jokowi seharusnya memimpin rapat terbatas bidang politik, hukum, dan keamanan pada pukul 16.00 WIB.

Namun, rapat tersebut mundur hingga satu jam karena menunggu kedatangan Presiden dan karena Presiden tak kunjung datang, JK akhirnya mengambil alih.

Wapres pun kemudian mempersilakan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhi Purdijatno untuk memulai paparannya.

"Seperti sidang kabinet seperti biasa, silakan menteri koordinator menyampaikan paparannya," kata JK.

Selain Menkopolhukam Tedjo Edi Purdijatno pada kesempatan itu hadir pula Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi.

Selain itu, Wakil Kepala Polri Komjen Badrodin Haiti, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Jaksa Agung HM Prasetyo, dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Marciano Norman juga hadir.

Menkominfo Rudiantara sebelum mengikuti rapat itu menyatakan belum mengetahui secara pasti agenda rapat yang jelas, kata dia, rapat terkait dengan koordinasi rutin di bidang polhukam.

Ketika wartawan menanyakan tentang kemungkinan pembahasan soal ISIS, Rudiantara mengatakan sangat mungkin rapat akan membahas soal itu.

"Ini rapat soal polhukam, akan membahas hal-hal yang terkait isu polhukam yang sedang berkembang saat ini," katanya. 

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015