Washington (ANTARA News) - Bank sentral AS, Federal Reserve, Rabu, menghapus janjinya tetap "bersabar" untuk menaikkan suku bunganya, menandakan kemungkinan kenaikan suku bunga utama federal funds pada pertengahan tahun setelah selama enam tahun berada di tingkat nol.

Pencoretan kata kunci "bersabar" dari pernyataan kebijakan pada akhir pertemuan dua hari itu, merupakan langkah yang signifikan dari kebijakan moneter berbasis krisis sejak 2008.

Tetapi Fed masih berhati-hati, mencatat bahwa kenyataannya pertumbuhan ekonomi AS telah "agak moderat" sejak Januari dan bank sentral menurunkan perkiraan pertumbuhannya untuk tahun ini sebesar 0,3 persen menjadi 2,3-2,7 persen.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), unit kebijakan The Fed, mengatakan bahwa meskipun pasar pekerjaan tampak terus menguat, inflasi masih lemah, sektor perumahan lambat dan pertumbuhan ekspor telah melambat.

Meskipun ada perubahan dalam bahasa, unit kebijakan itu menekankan bahwa pihaknya tidak akan terburu-buru segera menaikkan suku bunganya.

"Komite menilai bahwa peningkatan kisaran target untuk suku bunga federal funds tetap tidak mungkin pada pertemuan FOMC April," katanya.

"Komite mengantisipasi bahwa akan tepat untuk meningkatkan target kisaran untuk suku bunga federal funds ketika pihaknya telah melihat perbaikan lebih lanjut di pasar tenaga kerja dan cukup yakin bahwa inflasi akan kembali ke target dua persen dalam jangka menengah."

(Uu.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015