Sydney (ANTARA News) - Topan ketiga dalam satu bulan bergerak menuju Australia, setelah sebelumnya topan itu diramalkan tidak akan memasuki daratan.

Topan Tropis Nathan telah bergerak di sekitar Coral Sea di lepas pantai bagian utara-jauh Queensland selama sembilan hari belakangan. Tapi topan tersebut kini diperkirakan mengancam wilayah desa di sekitar Cooktown, sebelah utara Cairns.

Biro Meteorologi Australia mengeluarkan peringatan kepada masyarakat di daerah itu bahwa topan tersebut, yang saat ini merupakan topan kategori tiga, diperkirakan melanda pada Jumat dini hari waktu setempat.

Daerah yang terancam tak memiliki banyak penghuni, demikian laporan Xinhua, Kamis siang. Topan Nathan tampaknya tidak menimbulkan kerusakan luas di Vanuatu, yang pekan ini baru saja diterjang Topan Tropis Pam.

Namun Topan Nathan, yang berada pada kategori lima, "tak bisa dikesampingkan", kata Biro Meteorologi itu di dalam peringatan yang dikeluarkannya pada Kamis.

Banjir bandang akibat hujan lebat juga diramalkan.

Sementara itu, banyak wilayah di Queensland Selatan menghadapi temperatur tinggi musim gugur, yang tak pernah terjadi sebelumnya.

(Uu.C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015