Jakarta (ANTARA News) - Finlandia ingin terlibat dalam upaya konservasi kawasan Danau Toba di Sumatera Utara bersama perguruan-perguruan tinggi di sekitar danau, kata Ketua Forum Rektor Finlandia Kalervo Vaananen usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Kamis.

"Kami berharap nantinya kami dapat melibatkan Danau Toba dalam mengembangkan kerja sama kami, bagaimana itu bisa dilindungi dan dibersihkan," kata Vaananen di Kantor Wakil Presiden.

Dia menceritakan keinginan untuk menjalin kerja sama untuk mendukung konservasi Danau Toba awalnya muncul ketika Forum Rektor Finlandia mengunjungi Sumatera dan melihat bahwa sebagian besar pengunjung kawasan wisata itu berasal dari Finlandia.

"Kerja sama itu disarankan oleh rekan-rekan dari Indonesia. Ketika kami berkunjung ke Sumatera, ada universitas di sana mengajak berdiskusi soal Danau Toba dan beberapa bulan kemudian kami mengembangkan kerja sama itu," jelasnya.

Untuk memperkuat dasar hukum kerja sama tersebut, dia akan segera bertemu dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Perwakilan dari Universitas Finlandia Juha Christensen mengatakan kerja sama tersebut akan lebih difokuskan pada upaya penjagaan lingkungan hidup dan hutan.

"Ada kerja sama dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ibu Siti Nurbaya, untuk di bidang kehutanan dan ilmu pengetahuan kehutanan, termasuk juga lingkungan hidup seperti perlindungan kawasan Danau Toba," jelas Juha.

Pada Kamis siang, Menteri Pendidikan dan Komunikasi Finlandia Krista Kuru juga menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla guna membahas sejumlah kerja sama di bidang pendidikan dengan Indonesia.

"Saya senang bisa bertemu Wapres Jusuf Kalla hari ini, untuk menjalin kerja sama di bidang pendidikan dan komunikasi karena ini penting untuk mengetahui segala kemungkinan kerja sama antarguru," kata Kuru.

Dia berharap kerja sama di bidang pendidikan tersebut dapat memperkuat hubungan diplomatik yang sudah dijalin Indonesia dan Finlandia selama lebih dari 60 tahun.

"Pertemuan ini menandakan bahwa Finlandia dan Indonesia berkomitmen menciptakan kerja sama yang lebih kuat lagi setelah sejarah 60 tahun diplomasi di antara kita berjalan," jelasnya.

Finlandia juga tertarik mengembangkan kerja sama di bidang teknologi informasi dan komunikasi, khususnya yang terkait dengan penyediaan pelayanan masyarakat berbasis digital.


Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015