Gelora Bung Karno tetap menjadi venue pertandingan kualifikasi Piala AFC. Saya juga sudah melakukan komunikasi dengan negara peserta
Jakarta (ANTARA News) - Kualifikasi Piala AFC U-23 Grup H tetap digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, 27-31 Maret meski sebelumnya ada opsi dipindahkan karena dua hari sebelum pertandingan digunakan konser boyband, One Direction.

"Gelora Bung Karno tetap menjadi venue pertandingan kualifikasi Piala AFC. Saya juga sudah melakukan komunikasi dengan negara peserta," kata Sekjen PSSI Joko Driyono di Kantor PSSI Senayan, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, secara prinsip negara peserta kualifikasi Piala AFC U-23 Grup H yaitu Korea Selatan, Timor Leste dan Brunei Darussalam bisa menerima kondisi yang terjadi di lapangan. Selain dengan tim PSSI juga melakukan komunikasi dengan match commissioner dari AFC.

Joko Driyono mengatakan Stadion Utama GBK tetap digunakan karena beberapa hal di antaranya untuk mengubah venue harus mendapatkan persetujuan AFC. Selain itu proses verifikasi stadion baru juga membutuhkan waktu yang lama.

"Kami juga mempertimbangkan waktu yang pendek saat ini. Terus AFC juga pasti tidak ada waktu lagi untuk memverifikasi venue yang diusulkan oleh PSSI seperti di Palembang, Solo dan Bali," katanya menambahkan.

Pria yang juga CEO PT Liga Indonesia itu menjelaskan, meski sudah ada keputusan pihak federasi sepak bola Asia tetap menginginkan kepastian pada 27 Maret nanti lapangan yang akan digunakan untuk pertandingan sudah siap.

"Keputusan ini juga disambut gembira oleh PSSI karena tidak perlu memindahkan venue ke tempat lain. Sebelumnya kita sudah laporan ke AFC soal kondisi lapangan. Yang jelas PSSI siap bekerja keras untuk memastikan bahwa di tanggal 27 nanti pertandingan siap digelar," katanya menegaskan.

Khusus untuk match commissioner dari AFC, kata dia, akan datang dua hari sebelum pertandingan. Tim ini selanjutnya akan memberikan asistensi dan supervisi terkait dengan kesiapan lapangan sebelum digunakan untuk pertandingan.

Yang saat ini masih menjadi ganjalan PSSI adalah kepastian uji coba sebelum pertandingan. Hal ini terjadi karena lapangan belum tentu siap karena sebelumnya ditutup dengan grass cover karena digunakan untuk konser.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015