Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah akan melibatkan olahragawan berprestasi dalam kepanitiaan penyelenggaraan Asian Games 2018 sebagai apresiasi kepada mereka yang telah mengharumkan nama Indonesia.

"Konsen paling besar dari Presiden adalah akan melibatkan stakeholder terutama olahragawan yang pernah membawa nama harum negeri ini baik ketika di Asian Games, Sea Games, Olimpiade dan para pelaku olah raga lainnya," kata Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nachrowi dalam jumpa pers di Kantor Presiden Jakarta, Kamis.

Ia menyebutkan dalam kepanitiaan tim pengarah akan dilibatkan olahragawan berprestasi seperti Rudi Hartono, Taufik Hidayat, Susi Susanti, Alan Budikusuma, Richard Sambera dan beberapa nama lainnya.

"Akan diperbaiki Rancangan Keppres kepanitiaan itu dan mungkin besok sore akan kita finalkan," katanya.

Menurut Menpora, Presiden juga menginginkan agar Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 dijadikan sebagai momentum untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan kebangsaan.

"Karena tahun 1962 kita pernah menjadi tuan rumah dan saat itu langsung dipimpin langsung oleh Presiden Bung Karno," katanya.

Menpora menyebutkan Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 nantinya juga akan dipimpin oleh Presiden Jokowi secara langsung sebagai Ketua Pengarah.

Sementara itu terkait batas waktu pembentukan panitia yang harusnya berakhir 20 Maret 2015, Menpora mengatakan pemerintah akan meminta kesempatan karena adanya keinginan melibatkan pemangku kepentingan bidang olahraga.

"Tanggal 20 Maret besok harusnya selesai tapi karena ada konsen terkait pelibatan stakeholder olahraga lainnya maka kita minta kesempatan untuk dibahas kembali setelah Presiden pulang dari lawatan keluar negeri," kata Menpora. 

Pewarta: Agus Salim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015