Eropa (ANTARA News) - Rangkaian laga kedua babak 16 besar Liga Eropa, Rabu dini hari WIB, dimulai dari tanah Siberia, di kota Khimki sebelah Timur Laut Moskow, yang harus menjadi saksi laga imbang tanpa gol antara tuan rumah Dinamo Moskow melawan Napoli.

Hasil itu cukup membawa tim besutan Rafael Benitez melaju ke babak perempat final setelah di pertemuan pertama mereka sukses meraup kemenangan 3-1 di hadapan publik San Paolo pekan lalu.

Dua jam berselang, tim senegara Napoli, Fiorentina, sukses menjadi tim kedua yang memastikan lolos ke perempat final setelah sukses memenangi laga antar sesama tim Italia melawan Roma dengan skor akhir 3-0.

Fiorentina lolos dengan kemenangan agregat 4-1 atas Roma.

Selanjutnya, wakil Ukraina Dynamo Kiev menyudahi keberadaan klub Inggris di kompetisi antarklub Eropa musim ini dengan menghabisi Everton 5-2.

Hasil itu memuaskan bagi anak-anak asuhan mantan penyerang Tim Nasional Ukraina, Sergiy Rebrov, yang sebelumnya ditundukkan 1-2 di Goodison Road dan akhirnya melangkah ke perempat final dengan skor agregat 6-4.

Kemudian wakil Jerman Wolfsburg memperdalam luka Inter Milan dengan mempermalukan tim asuhan Roberto Mancini itu di hadapan publik Giuseppe Meazza dengan skor 2-1.

Wolfsburg melangkah ke perempat final dengan agregat 5-2, setelah di pertemuan pertama mereka menang 3-1.

Beralih ke Stadion Olimpiade Attaturk di Istanbul, tak ada keajaiban kedua buat klub Turki Besiktas, sebagaimana mereka lakukan kala menghentikan Liverpool dua pekan lalu.

Kini mereka harus menerima kenyataan harus terhenti di Liga Europa setelah dikalahkan wakil Belgia Club Brugge dengan skor memalukan 1-3 di hadapan tempat yang kerap mereka sebut sebagai neraka bagi tim tamu itu.

Besiktas tersingkir karena secara agregat Brugge menang 5-2.

Juara bertahan Sevilla masih menjaga peluang untuk mempertahankan trofi Liga Europa dengan menyingkirkan sesama klub Spanyol, Villarreal, usai memenangi laga kedua dengan skor 2-1 atau agregat 5-2.

Hasil menyesakkan dirasakan Torino karena tim Italia itu harus tersingkir meski berhasil mengalahkan Zenit Sankt Petersburg 1-0 di Turin.

Pasalnya, di pertemuan pertama mereka kalah 0-2, sehingga Zenit berhak melaju dengan agregat 2-1.

Rangkaian laga kedua babak 16 besar ditutup dengan nasib naas untuk Belanda yang harus kehabisan wakilnya, setelah Ajax harus tersingkir dari Liga Europa akibat gol tandang yang dimiliki lawan mereka Dnipro Dnipropetrovsk.

Ajax sebetulnya memenangi laga dengan skor 2-1, setelah memaksakan pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan akibat skor 1-0 di waktu normal.

Namun gol tandang yang dicetak Yevhen Konoplyanka menjadi pertanda mereka harus angkat kaki dari kompetisi antarklub Eropa musim ini.

Berikut hasil lengkap laga kedua babak 16 besar Liga Eropa sebagaimana dilansir situs resmi UEFA. (tuan rumah disebut pertama, tim yang lolos ke babak selanjutnya dicetak tebal, skor agregat dalam kurung)

Dinamo Moskow 0 (1) - Napoli 0 (3)
Dynamo Kiev 5 (6) - Everton 2 (4)
AS Roma 0 (1) - Fiorentina 3 (4)
Ajax Amsterdam 2 (2) - Dnipro Dnipropetrovsk 1 (2) *Dnipro lolos berkat agresivitas gol tandang
Besiktas 1 (2) - Club Brugge 3 (5)
Inter Milan 1 (2) - VfL Wolfsburg 2 (5)
Sevilla 2 (5) - Villarreal 1 (2)
Torino 1 (1) - Zenit Sankt Petersburg (2)

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015