Jakarta (ANTARA News) - Deputi II Staf Kepresidenan Bidang Pengelolaan Program Prioritas Yanuar Nugroho mengungkapkan dari 109 negara yang diundang dalam KTT Asia-Afrika 2015, sebanyak 85 negara sudah menyatakan kehadirannya, di mana ada 25 peserta yang menghadirkan kepala negaranya.

"Data ini belum akurat karena masih akan berkembang dan pihak Kemenlu (Kementerian Luar negeri) yang mengetahui data detailnya," kata Yanuar saat acara "media breefing" di Kantor Staf Kepresidenan Jakarta, Jumat.

Dia juga mengatakan kepala negara dari Tiongkok, Jepang dan India diharapkan hadir karena dapat menjadi daya tarik dalam KTT Asia Afrika yang akan di selenggarakan di Jakarta dan Bandung pada 19-24 April 2015 ini.

Yanuar mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo akan menyambut para peserta KTT ini pada jamuan makan malam pada 22 April dan memimpin KTT pada 22-22 April 2015.

Presiden juga akan membuka dan menjadi "keynote speaker" Asia-Africa Business Summit yang diselenggarakan pada 21-22 April 2015.

Jokowi juga akan memimpin peringatan ke-60 KTT Asia-Afrika dan peringatan ke-10 NAASP (New Asian African Strategic Partnership) di Bandung pada 24 April 2015.

Yanuar mengungkapkan tujuan dari diselenggarakan KTT Asia-Afrika ini adalah memperkuat kerja sama "South to South" (selatan-Selatan) untuk mendorong kerja sama, perdamaian dan kemakmuran dunia.

"Intinya pembangunan ekonomi dua kawasan, mencari solusi yang terjadi di dua kawasan. Peran Eropa dan Amerika dapat challenge dari Asia, di masa depan sumber energi alternatif akan didapat dari Afrika," katanya.

Dalam KTT ini akan mengedepankan kerjasama yang baru, kongkrit dan "doable" (segera dapat diaplikasikan/dilaksanakan), yakni solidaritas politik: demokrasi, HAM, reformasi PBB, perdamaian dan sinergi organisasi regional.

Untuk kerjasama ekonomi berbasis maritim, berkelanjutan, konektivitas dan business mobility; sementara hubungan sosial budaya yaitu "people to people contacts", pemberdayaan perempuan, media, mitigasi bencana, migrasi dan pemuda.

Dokumen yang akan dihasilkan dalam KTT Asia Afrika ini di antaranya "declaration on reinvigorating the NAASP" yaitu -penguatan solidaritas, persahabatan dan kerjasama; review perkembangan kerjasama NAASP 10 tahun terakhir; mendorong kerjasama konkret utamanya di 8 fokus area NAASP yaitu:

1. menangkal terorisme
2. menangani kejahatan lintas negara
3. keamanan pangan
4. keamanan energi
5. industri kecil dan menengah
6. pariwisata
7. jaringan universitas Asia-Afrika
8. kesetaraan gender

Dalam KTT ini juga akan melakukan deklarasi untuk Palestina, yaitu dukungan secara konsisten terhadap pendirian negara Palestina dan hak-hak dasar warga negara Palestina.



Pewarta: Joko Susilo
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015