Indian Wells (ANTARA News) - Petenis Kanada, Milos Raonic, melepaskan 19 ace dan serangkaian forehand keras untuk menumbangkan petenis peringkat tiga dunia asal Spanyol Rafa Nadal dan mencapai semifinal BNP Paribas Open di Indian Wells Tennis Garden, Amerika Serikat, Jumat (Sabtu WIB).

Raonic lolos dari tiga match point dalam merebut kemenangan 4-6, 7-6 (12/10), 7-5 selama tiga jam pertandingan dan selanjutnya akan menghadapi unggulan kedua Roger Federer asal Swiss yang mengalahkan petenis Ceko, Tomas Berdych, dua set langsung 6-4, 6-0.

"Saya jelas merasa senang," kata unggulan keenam Raonic seperti dikutip kantor berita Reuters.

"Ada banyak naik turun selama pertandingan itu, dan saya hanya bisa meminta diri saya sendiri untuk terus bertanding dan berharap menemukan jalan. Saya beruntung beberapa kali dan kemudian berhasil."

Kemenangan mengejutkan Raonic (24) atas Nadal, yang sudah tiga kali menjadi juara di Indian Wells, merusak peluang pertandingan empat unggulan teratas di semifinal.

Ini merupakan kali pertama Raonic mengalahkan Nadal dalam enam pertemuan mereka. Pertemuan pertama mereka terjadi lima tahun lalu di Tokyo, saat itu Nadal menang 6-4, 6-4.

Pertandingan Jumat itu kontras dalam gaya dengan Raonic yang memiliki servis keras menghadapi Nadal yang mengejar setiap bola dan dapat membalikkan pertahanan menjadi serangan.

Tapi pertahanan Nadal tidak cukup bagus kali ini, saat Raonic meledakkan 48 winners dan mencuri angka dari servis Nadal satu kali pada game ke-11 set ketiga, yang kemudian memegang servis untuk menyelesaikan pertandingan.

Nadal melepaskan tujuh ace dan memenangi 82 persen dari servis pertamanya, tapi hanya memukul 25 winners dan melakukan 22 kesalahan sendiri.

Dia mencuri angka dari servis Raonic pada game kedua set pertama. Ini untuk pertama kalinya dalam turnamen itu Raonic kehilangan angka dari servisnya sendiri.

Nadal memenangi set pertama saat Raonic melepaskan forehand liar ke ruang kosong.

Raonic menyamakan kedudukan set dalam pertandingan itu menjadi 1-1 dengan memenangi set kedua yang berlangsung satu jam 20 menit yang berakhir dengan tiebreak, di mana dia bisa lolos dari tiga kali match point.

Nadal sebelumnya unggul 6-5 saat tiebreak, tapi Raonic berhasil bertahan saat pukulan Nadal terlalu panjang. Raonic bisa lolos lagi pada match point lain saat dia melepaskan smes yang mendarat tepat di garis pinggir lapangan.

Raonic akhirnya merebut set tersebut saat pukulan Nadal mendarat di net, demikian seperti dilansir kantor berita AFP.(Uu.I015)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015