Istanbul (ANTARA News) - Perdana Menteri Turki Ahmed Davutoglu menyerukan diakhirinya konflik bersenjata selama 40 tahun melawan kelompok terlarang PKK saat perayaan Hari Nowruz di Istanbul pada Sabtu (21/3).

Davutoglu berpidato di hadapan orang yang menghadiri Festival Musim Semi itu di Istanbul, dan mengatakan, "Saya menyeru semua orang agar meninggalkan kebencian dan berbicara dalam bahasa kasih-sayang mulai sekarang."

"Mari lah kita kubur kebencian, kekerasan, senjata di dalam tanah selamanya, dan bukan menguburkan generasi muda kita. Mari lah kita kuburkan rasa sakit para ibu syuhada dan mereka yang kehilangan putra mereka," kata Davutoglu, sebagaimana diberitakan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad siang.

Ia mengatakan sasaran utama pemerintah dengan proses penyelesaian tersebut ialah memelihara persatuan negara, persaudaraan di kalangan warga dan kenyamanan serta perdamaian di negeri itu.

Pemerintah Turki pada awal 2013 melancarkan gagasan yang dikenal sebagai "proses penyelesaian" guna mengakhiri konflik beberapa dasawarsa melawan kelompok terlarang PKK, yang telah merenggut lebih dari 40.000 nyawa.

PKK dimasukkan ke dalam daftar kelompok teroris oleh Turki serta Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Sementara itu pemimpin PKK Abdullah Ocalan, yang dipenjarakan, mengatakan, "PKK harus mengadakan kongres guna mengakhiri konflik bersenjata selama 40 tahun melawan Pemerintah Turki."

Di dalam pernyataan tersebut, Ocalan menekankan perlunya "penyelesaian demokratis" bagi masalah Kurdi di Turki. Ia menyatakan "identitas perang yang tidak punya arti dan tak kenal kasihan" adalah akibat dari "krisis neo-liberal --yang ditimbulkan oleh kapitalisme imperialis dan antek lokalnya".

Nowruz adalah festival 21 Maret, yang menandai awal musim semi dan dirayakan terutama di Iran, Afghanistan, India, Turki, Azerbaijan, Albania dan Macedonia. Penduduk Kurdi di Turki terutama memandangnya sebagai kegiatan penting budaya dan tradisi.
(C003/A016)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015