Itu adalah gol yang hanya para pemain paling toplah yang bisa melakukannya"
Barcelona (ANTARA News) - Pelatih Barcelona Luis Enrique meyakini hanya sedikit pemain yang mampu menciptakan gol seperti diciptakan Luis Suarez saat mengantarkan timnya menang 2-1 dalam El Clasico dini hari  tadi melawan Real Madrid.

Suarez sempat lamban melangkah bersama Barca menyusul hukuman empat bulan dilarang bermain karena insiden menggigit pemain, namun gol penentu kemenangannya saat melawan Real membuktikan kebernilaian dirinya.

Gerakannya yang lincah dengan membawa bola hasil umpan jarak jauh Dani Alvis diakhirnya dengan tembakan mengarah sudut gawang yang tak bisa dihalau Iker Casillas yang sudah terbang demi mencegah bola.

"Itu adalah gol yang hanya para pemain paling toplah yang bisa melakukannya. Cara dia membawa bola dan menendangnya," kata Luis Enrique kepada wartawan seperti dikutip Reuters.

"Itulah alasan kami mengeluarkan uang untuk mengontrak dia. Gol itu bukan hanya untuk itu, namun untuk prilakunya, upayanya dan apa yang diberikan dia kepada tim."

"Saya senang bahwa dia pemain yang menentukan dan secara umum untuk upaya yang dia tunjukkan dalam pertandingan.  Saya sudah katakan sejak lama bahwa dia bukan hanya striker model lama namun juga orang yang mengombinasikannya dengan baik sekali."

"Dia seorang pencetak gol, pemain yang bisa menciptakan peluang dan juga kuat secara fisik," sambung Enrique.

Menyusul kepindahannya dari Liverpool dengan banderol 81 juta euro, pemain asal Uruguay ini semula hanya berdampak kecil pada laga pertamanya untuk Barca di  mana saat itu kalah dari Real di Bernabeu.

Pada pertandingan berikutnya, dia melepaskan diri dari bayangan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dengan gol kedua yang menentukan yang membuat Barca empat poin bersih di puncak klasemen La Liga dengan sepuluh laga tersisa.

Selain memenangkan 18 dari 19 laga terakhir, Barca juga sudah menempatkan diri di babak delapan besar Liga Champions dan akan tampil pada final Piala Raja.

Barca kini tak terlalu tergantung pada pertandingan umpan-umpan pendek, terbukti dari gol pertama saat melawan Real yang diciptakan dari sundulan bek Jeremy Mathieu.

"Gaya bermain Anda tergantung pada pemain yang Anda miliki," kata Luis Enrique. "Kami ingin mendominasi penguasaan bola namun cara Anda bermain juga tergantung kepada lawan, dan ini adalah olah raga yang rumit di mana ada waktunya Anda mesti memiliki opsi lain."





Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015