Jakarta (ANTARA News) - Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di DPR akan meminta penjelasan dari Presiden Joko Widodo soal pembatalan pelantikan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai kepala Polri.

"Kami akan meminta penjelasan Presiden Jokowi terkait Komjen Pol Budi Gunawan yang sudah menjalankan uji kelayakan dan kepatutan di DPR RI namun batal dilantik," kata Sekretaris Fraksi PDIP DPR Bambang Wuryanto di kompleks parlemen, Jakarta, Senin.

Dia mengatakan Presiden harus menjelaskan kebijakannya mengenai pembatalan pelantikan Budi Gunawan, yang sudah dinyatakan lulus uji kelayakan dan kepatutan oleh DPR.

"Presiden belum memberikan jawaban mengapa calon Kapolri diganti secara resmi yaitu kelembagaan," katanya.

"Kalau sudah dijelaskan maka masalahnya akan clear (jelas) karena semua ada mekanismenya. Mengatur negara tidak boleh seenaknya," ujarnya.

Bambang menegaskan fraksinya tidak mempersoalkan pengajuan nama Komisaris Jenderal Pol Badrodin Haiti sebagai calon kepala Polri meski belum menyampaikan persetujuan.

Namun, ia mengatakan, Presiden, yang sudah mengirimkan surat pengusulan Budi Gunawan menjadi kepala Polri, harus lebih dulu menjelaskan pembatalan pelantikan setelah proses penetapan sudah berjalan sesuai peraturan.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015