Padang (ANTARA News) - Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Padang, Sumatera Barat (Sumbar) memperkenalkan kepada pelajar setempat salah satu armada yang dimiliki yaitu pesawat CN-235 yang didatangkan dari Skuadron 2 Lanud Halim Perdanakusuma.

"Pelajar diberikan kesempatan untuk melihat langsung bagaimana kondisi di dalam pesawat yang diparkir di Lanud Tabing Padang dalam rangka Gebyar Dirgantara Lanud Padang 2015 yang dilaksanakan pada 21-24 Maret," kata Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Padang Lettu Agus Riyanto di Padang, Senin.

Ia mengatakan selain melihat langsung keadaan dalam pesawat juga dilakukan sejumlah joy fligt dimana masyarakat dapat mengikutinya.

Puluhan pelajar Sekolah Dasar terlihat antusias ketika diberikan kesempatan menaiki pesawat dan melihat langsung kondisi yang ada di dalamnya.

Diantara mereka ada yang langsung mencoba duduk di bangku pesawat yang didesain memanjang tersebut sembari sesekali memperhatikan langit-langit pesawat.

Riki salah seorang pelajar SD di Padang mengaku senang bisa melihat langsung armada yang dimiliki TNI Angkatan Udara tersebut.

"Ini baru pertama kali, pesawatnya bagus dan hebat," kata dia.

Sebelumnya, Danlanud TNI AU Padang Letkol Pnb Mohammad Apon mengatakan pihaknya menggelar kegiatan Gebyar Dirgantara Lanud Padang 2015 yang dipusatkan di Lanud Tabing sebagai bagian dari peringatan hari jadi TNI Angkatan Udara ke-69.

"Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini agar masyarakat dapat mengenal lebih dekat berbagai alat dan sistem persenjataan utama TNI AU serta memperkenalkan olahraga dirgantara," kata dia.

Ia mengatakan pada acara tersebut dilaksanakan sejumlah kegiatan seperti pemecahan rekor Muri ground handling paralayang, terjun payung dan joy flight, aksi olahraga dirgantara seperti paralayang, paramotor, trike, gantole dan aero modeling.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015