Tokyo (ANTARA News) - Lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di Kantor Perdana Menteri (PM) Jepang (Kantei) dalam upacara penyambutan resmi Presiden Joko Widodo dan rombongan ke Jepang.

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di Kantor PM Jepang Shinzo Abe di Tokyo, Senin, sebagai bentuk penyambutan resmi untuk Presiden Jokowi dan rombongan.

Selanjutnya lagu kebangsaan Jepang Kimogayo juga dikumandangkan pada kesempatan menjelang pertemuan bilateral antara Presiden dengan PM Shinzo Abe.

Pada kesempatan itu PM Shinzo Abe mengucapkan selamat datang pada Jokowi ke kantornya yang merupakan kunjungan pertamanya ke Jepang sebagai Presiden RI.

"Pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat datang, ini adalah kunjungan pertama Presiden ke Jepang yang jelas saya menyambut baik," kata Abe.

Ia menambahkan pihaknya pernah pula melakukan lawatan serupa ke Indonesia pada pemerintahan yang sekarang.

"Jadi ini merupakan pertemuan kedua kalinya yang diharapkan memberikan kontribusi bagi kerja sama kedua negara," katanya.

Merespon sambutan itu, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Perdana Menteri, setelah pertemuan di Beijing beberapa waktu lalu, ini menjadi kesempatan bagi kita untuk meningkatkan kerja sama di bidang politik, ekonomi, dan penandatanganan MoU," katanya.

Pada kesempatan itu, Presiden hadir bersama rombongan terdiri dari Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menlu Retno Marsudi, Seskab Andi Widjajanto, Menhan Ryamizard Ryacudu, Panglima TNI Jend TNI Moeldoko, dan Kepala BKPM Franky Sibarani.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015