Tokyo (ANTARA News) - Indonesia dan Jepang sepakat membentuk forum maritim yang menjadi wadah bagi kedua negara untuk mengembangkan kerja sama keamanan maritim, industri maritim, dan infrastruktur maritim.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Shinzo Abe di Kantor PM Jepang, Tokyo, Senin, sepakat untuk membentuk forum maritim melalui pernyataan bersama kepada media setelah pertemuan bilateral.

"Saya telah bertukar pikiran tentang isu dua negara termasuk dimulainya forum maritim di tingkat pejabat memulai sebuah prakarsa baru," katanya.

Ia mengatakan bahwa sebagai sesama negara demokratis dan negara maritim di Asia, Indonesia dan Jepang akan meningkatkan hubungan strategis antara kedua negara.

Ia juga menyampaikan harapan agar Indonesia semakin berkembang dan memainkan peran yang lebih penting di kawasan regional maupun internasional.

Abe juga menyambut baik atas tanggapan Jokowi terhadap Jepang yang dinilai Indonesia sebagai negara damai yang demokratis maupun sebagai negara yang telah memberikan kontribusi besar di bidang ekonomi kepada Indonesia.

Menanggapi hal itu, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa dua pihak sudah sepakat bekerja sama di bidang maritim.

"Kerja sama di bidang maritim disepakati untuk membentuk forum maritim," katanya.

Kerja sama itu meliputi forum khususnya di bidang keamanan maritim, industri maritim, dan infrastruktur maritim.

Dua negara juga sepakat untuk bekerja sama di bidang pertahanan, perdagangan, serta peningkatan promosi investasi.

Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke tiga negara pada 22-28 Maret 2015 untuk memperluas kerja sama dalam berbagai bidang di negara-negara yang dikunjungi terutama Jepang dan Tiongkok.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015