Tokyo (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang Perdana Menteri (PM) Shinzo Abe untuk menghadiri acara peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung dan Jakarta.

"Saya mengundang PM Abe untuk hadir pada peringatan Konferensi Asia Afrika di Bandung dan Jakarta pada April 2015," kata Presiden Jokowi dalam pertanyaan pers bersama setelah pertemuan bilateral dengan PM Shinzo Abe di Kantornya di Tokyo, Senin.

Ia mengatakan, pada 19-24 Maret 2015 Indonesia akan menggelar peringatan KAA di dua kota yakni Bandung dan Jakarta.

Dalam lawatannya ke Jepang, Jokowi memanfaatkan kesempatan itu untuk menyampaikan undangannya secara langsung kepada PM Abe.

Pemerintah Indonesia mengundang 109 delegasi negara Asia Afrika dan perwakilan duta besar untuk memperingati Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 di Bandung, Jawa Barat.

Undangan itu disampaikan kepada 109 kepala negara dan 25 organisasi internasional.

Peringatan 60 tahun KAA akan dilakukan bersamaan dengan peringatan 10 tahun New Asian African Strategic Partnership (NAASP).

Kegiatan yang akan berlangsung pada April 2015 itu terdiri atas dua segmen yakni Konferensi Tingkat Tinggi Negara Asia-Afrika yang dilangsungkan di Jakarta.

Dan segmen kedua yakni peringatan KAA di seputaran Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.

KTT Asia-Afrika di Jakarta mulai pada 19-23 April 2015 dan segmen kedua, yaitu segmen peringatan KAA dilakukan di Bandung pada 24 April 2015.

KTT Asia Afrika akan terdiri dari beberapa pertemuan mulai dari pertemuan tingkat pejabat tinggi atau SOM hingga pertemuan dengan pejabat kepala pemerintah.

Dalam sejarahnya, Konferensi Asia Afrika berlangsung di Bandung pada April 1955 dan pada 2004, di tempat yang sama juga diperingati 50 tahun konferensi yang menghasilkan organisasi atau Gerakan Non Blok. 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015