Saya selalu membawa perlengkapan olahraga seperti sepatu dan baju kaos oblong,"
Jakarta (ANTARA News) - Ditengah jadwal yang padat dalam rangkaian kunjungan kerja ke berbagai daerah, anggota Komisi II DPR RI, Saan Mustopa selalu menyempatkan diri melakukan olahraga, apakah pagi atau sore, bahkan malam hari selama stu jam.

Misalnya, saat Komisi II DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Tanjungpinang dan Batam, politisi Partai Demokrat itu mengatur jadwal untuk tetap bisa berolahraga.

"Saya selalu membawa perlengkapan olahraga seperti sepatu dan baju kaos oblong. Saya selalu mencari waktu yang pas untuk berolahraga tanpa mengganggu kegiatan sebagai anggota Komisi II DPR RI saat melakukan kunjungan kerja maupun saat berkunjung ke konstituen," kata Saan saat bincang-bincang dengan ANTARA News, Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, apa yang dilakukannya, tak lain agar tetap sehat dan bugar sehingga dalam melaksanakan tugas sebagai anggota DPR RI tetap bersemangat, tidak mudah lelah ataupun mengantuk.

"Saya sesuaikan waktu. Kalau ada acara pagi hari, biasanya dimulai pukul 08.00 WIB, maka saya berolahraga mulai pukul 06.00 WIB. Kalau tak sempat pagi hari, saya lakukan sore atau malam hari. Ya satu jam cukuplah," kata penggemar klub sepakbola Liga Inggris Liverpool itu.

Olahraga yang dilakukannya hanya jogging atau treadmil. "Tergantung tempat acaranya dimana. Kalau memang memungkinkan jogging, saya jogging, kalau ngak, treadmil aja," tutur Saan.

Apakah rutinitas itu dilakukan akhir-akhir ini saja, mantan Sekretaris Fraksi Partai Demokrat ini menyebutkan, kebiasaan tersebut sudah lama dilakukannya.

"Saya sadar, menjadi anggota DPR RI itu butuh stamina, energi. Salah satu untuk menjaga stamina adalah berolahraga. Kebiasaan ini sudah saya lakukan sejak saya menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014.

Saan menambahkan, baju kaos dan celana olahraga akan ia bawa disesuaikan dengan lamanya waktu kunker.

"Kaosnya disesuaikan lama kunker, misalnya kunker selama 4 hari, maka saya bawa 4 potong baju dan 3 potong celana," kata pria yang sedang menulis disertasi untuk program S3 di UI itu.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015