Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengimbau agar pabrikan otomotif melakukan pendalaman struktur melalui penguatan industri komponen lokal serta meningkatkan ekspor dengan cara memproduksi kendaraan global.



"Pertumbuhan pasar dalam negeri yang terus meningkat, seyogyanya menjadi pendorong bagi pelaku usaha industri otomotif untuk terus mengembangkan industri komponen guna memperdalam struktur industri otomotif nasional," kata Menperin Saleh Husin di Jakarta, Selasa.



Menperin mengatakan, pemerintah akan terus memprioritaskan pengembangan industri kendaraan bermotor dalam negeri, melalui usaha-usaha menarik investasi baru dan mendorong perluasan kapasitas industri yang ada.



Menurutnya, potensi pasar dalam negeri sebagai basis kekuatan industri harus bisa menarik bagi investor untuk terus mengembangkan produk-produk yang dibutuhkan masyarakat dengan harga kompetitif.



Menperin mengatakan, industri kendaraan bermotor dalam negeri sudah semakin berkembang dan terus mengalami pertumbuhan yang cukup pesat.

Pertumbuhan industri otomotif tersebut tercermin dari angka penjualan maupun produksi yang terus meningkat, di mana penjualan kendaraan bermotor roda empat pada tahun 2014 telah mampu menembus angka 1,2 juta unit.



Angka penjualan tersebut, tambah Menperin, diprediksi akan terus meningkat sesuai dengan peningkatan ekonomi Indonesia.


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015