Jayapura (ANTARA News) - Wisatawan dari Jepang meminati komoditi anggrek khas Papua yang berada di areal Kebun Bibit Hortikultura dan Laboratorium Kultur Jaringan milik Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Papua, yang berlokasi di Waena, Kota Jayapura.

"Tiap tahun, rombongan dari Jepang datang berkunjung ke areal perkebunan holtikultura Waena," kata Kepala Kebun Bibit Hortikultura dan Laboratorium Kultur Jaringan Rohani Rerung di Jayapura, Selasa.

Menurut Rohani, dalam kunjungan wisatawan Jepang itu, mereka mengaku sangat meminati angrek khas Papua yang kini telah menjadi tanaman koleksi.

"Pada 2014, ada kunjungan pejabat setingkat wakil gubernur di Jepang beserta rombongannya yang datang ke areal perkebunan dan itu terus dilakukan tiap tahunnya," ujarnya.

Tidak hanya berkunjung ke beberapa areal anggrek tetapi mereka (rombongan Jepang) juga mengunjungi laboratorium yang berada di areal perkebunan.

Rohani mengatakan, setiap tahunnya mereka mengunjungi kebun tersebut dan melihat perkembangan anggrek-anggrek itu.

Pada kunjungan sebelumnya, kata dia, mereka pernah membawa buah anggrek kemudian menyuruh bagian laboratorium untuk meperbanyak anggrek tersebut.

Tahun berikutnya rombongan Jepang itu kembali dan melihat perkembangan tanaman anggrek itu yang tumbuh subur dan mereka mengapresiasinya.

"Jadi mereka memantau perkembangan anggrek, karena mereka tertarik dengan anggrek khas Papua," tambah Rohani.

Pewarta: Feronike Rumere
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015