Jakarta (ANTARA News) - Apple diprediksi akan bernilai lebih dari 1 triliun dolar AS, hampir tiga kali lipat Google, perusahaan kedua di Amerika Serikat yang memiliki nilai paling tinggi.

Analis Cantor Fitzgerald mengatakan saham Apple, yang saat ini diperdagangkan di sekitar 127 dolar AS dengan nilai perusahaan di 733 miliar dolar AS, akan segera dapat diperdagangkan di 180 dolar AS yang akan membuat nilai perusahaan naik menjadi 1,05 triliuan dolar AS.

Ini adalah pertama kalinya sebuah perusahaan memiliki nilai lebih dari 1 triliun dolar AS, dan akan membuat Apel lebih berharga dibanding produk domestik bruto (PDB) Indonesia, Belanda atau Arab Saudi pada tahun 2013, menurut statistik Bank Dunia, seperti dilansir The Guardian.

Hal ini juga berarti bahwa Apple bernilai 2,6 kali lipat Google, perusahaan kedua yang memiliki nilai paling tinggi di Amerika Serikat, dengan valuasi pasar 383 miliar dolar.

Menurut Brian White, analis Cantor Fitzgerald, Apple layak memiliki nilai setinggi itu karena kinerjanya terus menguat di Tiongkok, di mana penjualan year-on-year meningkat sebesar 70 persen, dan produk baru Apple Watch akan diperkenalkan.

"Bulan depan Apple meluncurkan produk baru pertama dalam lima tahun di mana laporan media selama beberapa minggu terakhir telah menyoroti negara-negara yang berpotensi menjadi tempat diluncurkannya Apple Watch," kata White.

"Kami juga percaya bahwa portofolio iPhone dan posisi di Tiongkok tidak pernah sekuat ini. Akhirnya, Apple telah menunjukkan komitmennya kepada para pemegang saham, dan kami berharap lebih pada bulan April. Kami percaya bahwa kombinasi dari kekuatan-kekuatan ini akan mendorong pasar untuk menghargai saham Apple," tambah dia.

Cantor Fitzgerald merupakan salah satu analis yang paling optimis pada potensi nilai saham Apple. White sebelumnya menargetkan 160 dolar AS per saham. Demikian pula dengan analis Morgan Stanley yang juga memperhitungkan saham Apple dapat bernilai 160 dolar AS dalam setahun.

Namun, Berenberg Bank, yang paling kasar, memprediksi saham Apple mungkin akan turun ke 85 dolar AS. Sementara itu menurut Forbes, perkiraan rata-rata harga saham analis adalah 135 dolar AS.

White memperkirakan Apple kemungkinan akan menjual 25 juta Apple Watch di tahun fiskal 2016, dengan pendapatan sekitar 11,7 miliar dolar AS.

White juga meramalkan bahwa proyek mobil elektronik yang banyak dibicarakan dapat menjadi kesempatan Apple untuk meraup lebih dari 500 juta dolar, demikian The Guardian.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015