Kampung haji bisa menjadi asrama haji. Lokasinya sangat strategis dengan Bandara Soekarno-Hatta...
Tangerang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Tangerang, Banten, akan membangun kampung haji di Kelurahan Belendung, Kecamatan Benda, atau sebelah selatan Bandara Soekarno Hatta

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang Said Endrawiyanto di Tangerang, Rabu, mengatakan rencana pembangunan telah dimulai dengan menyiapkan lahan seluas 20 hektare.

"Kita sudah siapkan lahan seluas 20 hektare dan kini menunggu bantuan dari pemerintah pusat untuk proses pembangunannya," katanya di Tangerang, Rabu.

Nantinya, kampung haji tersebut akan menjadi tempat persinggahan para calon haji. Ditambah lagi, Pemprov Banten pun belum memiliki asrama haji.

Dengan demikian, maka jamaah calon haji dari Provinsi Banten tidak lagi perlu ke Bekasi tetapi di kampung haji tersebut.

"Kampung haji bisa menjadi asrama haji. Lokasinya sangat strategis dengan Bandara Soekarno-Hatta yang kini sedang dalam proses pengembangan," ujarnya.

Said mengatakan bahwa pembangunan kampung haji telah menjadi skala prioritas pada tahun 2016. Maka itu, Pemkot Tangerang telah menyampaikan rencana itu dan meminta agar dapat bantuan dalam pembangunannya. "Tinggal hanya menunggu bantuan dari pusat," ujarnya.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menambahkan bila pihaknya pun menyiapkan hal lainnya seperti tempat kesehatan.

Ia telah menyampaikan hal tersebut kepada kementerian kesehatan agar nantinya RS Sitanala bisa dimanfaatkan dalam pengembangan tes kesehatan bagi para calon jamaah haji.

"Nanti kita siapkan semuanya mulai dari kampung haji hingga tempat tes kesehatan. Dengan begitu maka masyarakat tidak jauh lagi ke luar daerah," katanya. 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015