Jakarta (ANTARA News) - Selain digunakan untuk bertukar informasi dengan rekan kerja dan bertukar kabar dengan keluarga, Google ingin menambah penggunaan lain pada Gmail dengan pembayaran tagihan.

Perusahaan mesin pencarian tersebut dilaporkan sedang membangun layanan bernama "Pony Express" yang akan memungkinkan pengguna untuk membayar tagihan dan mengirim uang kepada pengguna lainnya.

Layanan ini akan terhubung langsung ke rekening bank atau kartu debit pengguna. Namun belum jelas apakah "Pony Express" adalah nama sebenarnya dari produk baru tersebut atau hanya sebuah kode.

Untuk menggunakan layanan ini pengguna harus memasukkan informasi seperti nama, alamat dan nomor Jaminan Sosial melalui perusahaan pihak ketiga yang akan mengumpulkan informasi tersebut.

Setelah terdaftar, pengguna dapat membayar tagihan melalui Gmail. Layanan ini diharapkan dapat dirilis pada kuartal keempat tahun ini.

Layanan ini juga menjadi cara bagi Google untuk memperkuat layanan Gmail yang telah berusia 11 tahun dan telah memiliki lebih dari 425 juta pengguna, demikian seperti dilansir laman Cnet.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015