Kuala Lumpur (ANTARA News) - Seluruh atlet Malaysia yang ikut SEA Games pada Juni akan menjalani tes doping lebih dulu sebelum mereka tiba di Singapura, demikian dikatakan menteri olah raga Malaysia.

Malaysia pernah dipermalukan oleh kasus doping tingkat tinggi yang terjadi beberapa bulan terakhir ini, ketika atlet bulu tangkis terkenal mereka yang juga mantan pebulutangkis nomor satu dunia Lee Chong Wei, dihukum larangan bertanding setelah dia gagal tes doping di kejuraan dunia pada Agustus lalu.

Tai Cheau Xuen menjadi atlet peraih medali emas Asian Games pertama Malaysia yang gagal tes doping setelah atlet Wushu dinyatakan positif menggunakan sibutramine dan harus tersingkir dari ajang multi event setelah gagal melakukan banding pada Oktober.

"Saya perintahkan kepada Agen Anti Doping Malaysia (ADAMAS) untuk mengadakan tes doping pada setiap atlet sebelum menuju SEA Games," kata Khairy Jamaluddin seperti dikutip oleh kantor berita Bernama pada Selasa.

Bernama mengatakan, sebelumnya hanya 30 persen atlet Malaysia yang melakukan tes doping sebelum menuju suatu event olah raga utama.

Malaysia mengirimkan lebih 500 atlet ke SEA Games Myanmar pada 2013, demikian Reuters.

(Uu.A020/A016)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015