Jakarta (ANTARA News) - Banjir dengan ketinggian antara 10 sentimeter (cm) hingga satu meter kembali merendam beberapa wilayah di Jakarta yang disebabkan oleh hujan lokal yang terjadi sejak Rabu siang.

"Sudah ada laporan banjir dari beberapa wilayah di Jakarta lalu ada juga genangan di beberapa ruas jalan serta kenaikan debit di beberapa pintu air," kata petugas Pusat Pengendalian dan Operasional Badan Penanggulaan Bencana Daerah Jakarta Panji saat dihubungi, Rabu.

Dari keterangannya, Panji mengatakan wilayah yang digenangi banjir tersebut antara lain di Kampung Melayu Kecamatan Jatinegara dari pukul 14.00 WIB Ketinggian air 20-100 cm radius 15 meter dari bantaran Sungai Ciliwung yang menimpa 40 RT dari tujuh RW yang mengakibatkan 2,088 jiwa terkena dampaknya. "Namun dilaporkan tidak ada pengungsi," katanya.

Selanjutnya daerah yang mengalami banjir adalah Kelurahan Palmeriam Kecamatan Matraman dengan ketinggian air 10 hingga 20 cm di RW 01. Lalu Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makassar yang menimpa RW 03 dan 04 dengan kedalaman dari 20 hingga 30 cm.

Dari data yang diterima Antara dari BPBD diketahui juga hujan menyebabkan genangan jalan di beberapa jalan antara lain:
1. Jalan Pd Indah arah Lebak Bulus dpn Nissan, genangan 10 cm, Jak-Sel
2. Jalan TB Simatupang di dpn PT Lintas Artha, genangan 10-40 cm, Jak-Sel
3. Jalan Fatmawati depan pintu RS Fatmawati, genangan 30 cm, Jak-Sel
4. Jalan Lebak Bulus depan Carefour, genangan 20 cm, Jak-Sel
5. Jalan Tanah kusir depan pool taksi Bluebird, genangan 20 cm, Jak-sel
6. Jalan Kemang Raya depan LPPI, genangan 20 - 30 cm, Jak-Sel
7. Jalan Arteri Pondok indah, genangan 30 cm, Jak-Sel
8. Genangan, 30 cm di sekitar traffic light PGC, Jaktim
9. Jalan Fatmawati depan UOB, genangan 20 cm, Jak-Sel
10. Jalan Wijaya Timur Raya, genangan 20 - 30 cm
11. Underpass Tol JORR Kali Malang, genangan 40 cm.

BPBD juga memantau Pintu Air Angke mengalami kenaikan status menjadi siaga tiga dengan ketinggian muka air 190 cm pada pukul 17.00 WIB. "Kemungkinan akan naik kembali karena keadaan sedang mendung," ujarnya.

Selain itu pihak BPBD memperkirakan akan ada empat wilayah yang akan terdampak aliran sungai kali Cileduk dan Angke Hulu yang diprediksi meluap antara lain, Duri Kosambi, Rawa Buaya, Green Garden dan Kedoya Utara serta Cengkareng.


Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015