... Nasdarc 2015 mengambil tema tentang kapal penjaga pantai yang selalu siaga untuk memantau tindak pencurian ikan dari kapal lain...
Surabaya (ANTARA News) - Sebanyak 96 kapal miniatur dari 48 tim mahasiswa dan 48 tim pelajar SMA/SMK se-Jawa mengikuti Kompetisi Rancang Bangun dan Lomba Kapal (Nasdarc), di Kolam Graha Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Rabu.

"Lomba desain dan balap kapal miniatur yang dikendalikan dengan kendali jarak jauh itu merupakan bagian dari agenda tahunan bertajuk Semarak Mahasiswa Perkapalan (Sampan)," kata Wakil Ketua Sampan 9 ITS, Rafid Buana Putra.

Selain Nasdarc, katanya, Sampan 9 juga dimeriahkan dengan Lomba Karya Cipta Nasional Maritim (Lokarina) untuk mahasiswa, dan Kompetisi Perahu Layar Nelayan Surabaya, untuk nelayan di Surabaya dan Madura.

Selanjutnya, dialog interaktif bersama nelayan Surabaya, dan Sampanesia untuk penanda dimulainya dan berakhirnya Sampan 9. Kegiatan bersama nelayan itu merupakan pengabdian untuk masyarakat.

"Untuk Nasdarc kategori mahasiswa dilaksanakan pada Rabu (25/3), sedangkan Nasdarc kategori pelajar dilaksanakan pada Kamis (26/3). Bedanya, kalau mahasiswa merancang sendiri kapal miniatur, sedangkan pelajar diberi mesin kapal miniatur dan kendali jarak jauh," katanya.

Dalam lomba balap dan desain kapal miniatur dengan remote itu, mahasiswa Jurusan Teknik Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan, ITS Surabaya itu mengatakan tim mahasiswa ITS dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) memborong piala pemenang.

"Tim ITS menjadi juara pertama dan menyabet rancagan terbaik, sedangkan tim PPNS meraih juara kedua dan ketiga. Setiap peserta mendapatkan hadiah uang pembinaan dan piala," katanya.

Tahun ini, jumlah peserta meningkat, karena tahun lalu hanya 35-an tim mahasiswa dari UI, ITB, Undip, ITS, Universitas Muhammadiyah Surakarta, UNY, Untirta, UNS, PPNS, Unibraw Malang, Universitas Tanjungpura, Unej, dan sebagainya.

"Lomba Nasdarc 2015 mengambil tema tentang kapal penjaga pantai yang selalu siaga untuk memantau tindak pencurian ikan dari kapal lain," katanya.

Panitia berharap Nasdarc 2015 akan menumbuhkan kepedulian generasi muda untuk menjaga laut dan cinta maritim, sehingga sektor kemaritiman di Indonesia akan semakin maju. 

Pewarta: Edy M Ya'kub
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015