Padangpariaman (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meresmikan secara simbolik pembangunan 31 proyek prasarana pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) di Kabupaten Padangpariaman.

Ke-31 proyek itu terdiri atas 14 proyek pembangunan irigasi dan 17 proyek antisipasi banjir serta konservasi air yang difungsikan sebagai normalisasi aliran sungai sehingga bisa bermanfaat bagi semua masyarakat.

"Jadi dari total 65 proyek provinsi terkait pembangunan prasarana pengelolan Sumber Daya Air atau bendung ini, 31 diantaranya ada di Padangpariaman," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam sambutan pidatonya di Nagari Sungai Durian, Kabupaten Padangpariaman, Kamis.

Ia memberikan apresiasi kepada masyarakat Padangpariaman karena rela dan bersedia melepaskan lahan tanahnya sehingga pembangunan prasarana pengelolaan SDA ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

"Alhamdulillah, semua proyek yang tadi dimaksud tidak satupun terhenti. Ini berkat upaya positif dari pak Bupati dan pak Camat dan dukungan seluruh masyarakat Padangpariaman," katanya.

Ia menyatakan, 31 proyek pembangunan prasarana pengelolaan SDA di Padangpariaman ini dibiayai dari APBD Provinsi Sumbar tahun 2014 dan pada tahun 2015 ini juga akan dibangun sembilan proyek bronjong di wilayah Padangpariaman yang difungsikan untuk menghalangi gerusan air dan tebing sungai.

"Tadi seperti yang disampaikan Pak Kadis Ali Musri, total anggaran kita (Pemprov Sumbar,red) tahun ini di bidang infrastruktur pengairan dan irigasi yakni Rp400 miliar yang berasal dari APBN dan APBD Sumbar," ujarnya.

Ia berharap kepada masyarakat sekitar bangunan bendung/prasarana pengelolaan SDA ini agar semua fasilitas yang sudah dibangun oleh pemerintah tersebut supaya dijaga dan dirawat secara bersama-sama untuk menghindari kerusakan dari perbuatan orang yang tidak bertanggung jawab.

Sementara itu Bupati Padangpariaman Drs. H. Ali Mukhni mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Sumbar karena sudah membantu pembangunan bendung/prasarana pengelolaan SDA ini yang mana hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat seperti pengairan lahan pertanian dan perkebunan.

"Kami mewakili masyarakat Padangpariaman yang berjumlah sekitar 500 ribu orang ini bersyukur kepada Allah SWT dan memberikan apresiasi luar biasa kepada pak Gubernur atas perhatian dan kepedulian beliau terhadap pembangunan infrastruktur di daerah Padangpariaman ini," katanya.

Ia menambahkan, selama ini Gubernur Irwan Prayitno sangat perhatian kepada kabupaten Padangpariaman dengan banyaknya berbagai pembangunan infrastruktur berskala besar di daerah ini seperti stadion utama yang diproyeksikan untuk penyelenggaraan PON pada 10 tahun mendatang di Nagari Sikabu, pembangunan pesantren Internasional dan Asrama Haji di Sintuak Toboh Gadang, pembangunan pelabuhan serta Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) di Pantai Tiram.

"Jadi untuk mensukseskan proyek pembangunan infrastruktur berskala besar ini ada kiat-kiat khusus yang disampaikan pak Gubernur kepada saya yaitu, setiap kegiatan pemerintahan yang dijalankan oleh masing-masing dinas atau SKPD, jangan hanya menunggu laporan saja tapi bupati harus turun tangan langsung memantau setiap kegiatan tersebut, hal itu yang selalu saya pegang teguh dari ucapan pak Gubernur," katanya.

Tampak hadir pada acara peresmian pembangunan prasarana pengelolaan SDA ini yaitu Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Sumbar Ali Musri, Ketua DPRD Padangpariaman Faisal Arifin, Kapolres Padangpariaman AKBP Rudi Yulianto, Camat Patamuan, Walinagari Sungai Durian dan sejumlah pejabat Pemkab Padangpariaman lainnya.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015