Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin memberikan pesan kepada kader Muhammadiyah yang masuk atau ikut mendirikan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) harus tetap berjuang menyebar kebaikan dan penegakan moral.

"Dengan catatan harus tetap komitmen bawa nilai-nilai Muhammdiyah di PSI. Tunjukkan bahwa Muhammadiyah juga bisa berbuat dalam nilai politik santun dan panutan," jelas Din usai acara Silaturahmi Tokoh Bangsa ke-7 yang diselenggarakan di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Kamis.

Din mengungkapkan itu saat dimintai tanggapan pers atas pendirian Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang diketuai Grace Natalie. Sementara Sekjen PSI adalah kader muda Muhammadiyah, Raja Juli Antoni.

Din menambahkan, PSI harus dijadikan partai alternatif yang luar biasa. Dia mengingatkan, partai harus menjalankan fungsinya berjuang untuk kepentingan rakyat.

"PSI harus bisa jadi sarana pendidikan politik. Lahirkan kader politik yang mumpuni, pemangku amanat yang tanggung jawab di pentas nasional. PSI intinya bisa jadi edukasi politik, khususnya anak-anak muda. Perjuangkan terus aspirasi rakyat," kata Din.

Sebelumnya di tempat yang sama, Grace menjelaskan, PSI yang kemungkinan akan dideklarasikan tahun depan, merupakan partai pluralis, nasionalis, ramah perempuan, anak, modern, dan mengakomodir anak-anak muda.

"Ini partai isinya anak-anak muda, nggak pernah punya pengalaman politik," ujarnya.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015