...tinggal menunggu kepastian jadwalnya saja...

Batam (ANTARA News) - Batik Air, maskapai penerbangan full service anak perusahaan Lion Air segera membuka penerbangan Jakarta-Batam-Jakarta dalam waktu dekat dengan pesawat Boeing 737-900 atau Airbus A320 terbaru.

"Izinnya sudah disampaikan ke kami. Slotnya juga sudah ada, tinggal menunggu kepastian jadwalnya saja," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, di Batam, Jumat.

Ia mengatakan, maskapai tersebut akan meramaikan jalur Jakarta-Batam-Jakarta yang selama ini sudah dilayani oleh maskapai Citilink, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air dengan masing-masing 3-5 kali penerbangan per hari.

Namun, dari sejumlah maskapai tersebut hanya Garuda Indonesia yang terlebih dahulu mengambil layanan full service dan menjadi kompetitor Batik Air yang baru sejak 2013 beroperasi.

Sementara Lion Air, Citilink, dan Sriwijaya Air yang mengusung konsep penerbangan dengan biaya rendah (LCC) berbeda dengan pasar yang dilayani Garuda Indonesia dan Batik Air.

"Tentu kami berharap rencana tersebut segera terealisasi. Sehingga akan semakin meramaikan penerbangan di Batam serta memberikan banyak pilihan bagi masyarakat," kata Suwarso.

 Suwarso juga mengatakan, selian Batik Air ada sejumlah maskapai yang mengajukan penerbangan dari Batam namun masih harus mengantre menunggu seluruh perizinan lengkap.

Selain Garuda Indonesia yang mengajukan penerbangan ke Banjarmasin dan Yogyakarta, ada juga TransNusa yang mengajukan penerbangan Batam--Dumai, Batam--Palembang, Batam--Jakarta.

Kemudian, New Jatayu Air yang sudah sejak lama mengajukan penerbangan Batam--Jakarta, Batam--Palembang, Batam--Medan namun belum juga terbang meski sudah membuat kantor dan menyiapkan satu pesawat di Batam.

Sepanjang tahun 2014, jumlah penumpang dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam yang berkapasitas lima juta penumpang sudah mencapai 4,8 juta orang dari total 116 penerbangan per hari.




Pewarta: Larno
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015